Tamara, Catharine (2017) Analisis Pengaruh Persistensi Laba, Ukuran Perusahaan, Earnings Reporting Lags, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Koefisien Respon Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014 / Catharine Tamara / 35130191 / Pembimbing : Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (810kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (524kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (543kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Informasi laba merupakan bagian laporan keuangan yang banyak digunakan oleh para investor untuk mengambil keputusan ekonomi. Laba yang dipublikasikan oleh perusahaan dapat mempengaruhi reaksi pasar. Ukuran perusahaan, ketepatan penyampaian laporan keuangan, dan pertumbuhan perusahaan akan menyebabkan pasar merespon berbeda terhadap informasi laba sehingga mempengaruhi ERC. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persistensi laba, ukuran perusahaan, earnings reporting lags, dan pertumbuhan perusahaan terhadap koefisien respon laba. ERC merupakan koefisien yang mengukur respon antara perubahan harga saham terhadap perubahan laba akuntansi pada perusahaan-perusahaan yang menerbitkan sekuritas. Perubahan harga saham terhadap perubahan laba akuntansi tercermin dalam ERC. Teori yang digunakan adalah teori sinyal. Teori sinyal menyatakan bahwa terdapat kandungan informasi pada pengumuman suatu informasi yang dapat menjadi sinyal bagi investor dan pihak potensial lainnya dalam mengambil keputusan ekonomi. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama 2012-2014. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 52 perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu judgement sampling dimana sampel yang dijadikan objek dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan kriteria tertentu.. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi R2. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah ERC, sedangkan variabel independen terdiri dari persistensi laba, ukuran perusahaan, earnings reporting lags, dan pertumbuhan perusahaan. Dalam analisis dan pembahasan dapat dilihat bahwa model analisis regresi untuk menguji earnings response coefficient dapat digunakan. Model penelitian ini juga dapat melewati semua uji asumsi klasik yang dilakukan. Dari hasil analisis regresi berganda, diperoleh hasil uji f sebesar 0,001. Hasil uji t diperoleh persistensi laba (0,594),size (0,021), earnings reporting lags (0,012), dan pertumbuhan perusahaan (0,026). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa persistensi laba tidak mempunyai cukup bukti berpengaruh terhadap earnings response coefficient, sedangkan ukuran perusahaan,earnings reporting lags,dan pertumbuhan perusahaan mempunyai cukup bukti berpengaruh terhadap earnings response coefficient.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laba; Laporan Keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting H Social Sciences > HJ Public Finance |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 01:07 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 01:07 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |