Syahran, Muhamad Rizky Saad (2017) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran IndiHome Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia di Jakarta Selatan / Muhamad Rizky Saad Syahran / 65130414 / Pembimbing: Deavvy MRY Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
65130414 - Awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
65130414 - bab 1.pdf - Published Version Download (564kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
65130414 - bab 2.pdf - Published Version Download (813kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
65130414 - bab 3.pdf - Published Version Download (640kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
65130414 - bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
65130414 - bab 5.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
65130414 - daftar pustaka.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text (Lampiran)
65130414 - Lampiran.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
65130414 - Original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Resume)
65130414 - Resume.pdf - Published Version Download (997kB) |
Abstract
Dewasa ini, pertumbuhan layanan akses internet menjadi sebuah fenomena yang menarik perhatian. Perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang disingkat BUMN dengan produk baru yang diluncurkan sejak tanggal 1 Januari 2015 adalah IndiHome yang berbasiskan pada jaringan Internet on Fiber Optic pada kabel tembaga khusus. IndiHome juga dapat memberikan internet broadband kecepatan tinggi dan dapat dinikmati dengan harga yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pada strategi bauran pemasaran IndiHome dan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan IndiHome PT. Telekomunikasi Indonesia di Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep bauran pemasaran yang dikenal dengan Mix Marketing yang dimana terdiri dari produk (product), saluran distribusi/tempat (place), harga (price), promosi (promotion), proses (process), orang (people), bukti lingkungan fisik (physical evidence) yang pada hakekatnya strategi ini digunakan untuk meningkatkan volume penjualan. Komunikasi pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan manusia. Proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan merulakan hasil akhir yang didapatan perusahaan dengan beberapa faktor antara lain konsumen yang puas, dapat membeli lagi, membicarakan hal-hal baik, tidak terlalu memperhatikan merek, menawarkan ide, dan biaya layanan murah. Objek penelitian ini adalah pelanggan Telkom IndiHome yang bertempat tinggal di kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan data yang digunakan adalah data primer yang kemudian diolah melalui program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner kepada 395 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh strategi bauran pemasaran IndiHome terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Telekomunikasi Indonesia di Jakarta Selatan dan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan adalah promosi yang mempunyai koefisien regresi sederhana yaitu sebesar 0,621 atau 62,1% terhadap kepuasan pelanggan IndiHome pada PT. Telekomunikasi Indonesia di Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel (X) strategi bauran pemasaran berpengaruh terhadap variabel (Y) kepuasan pelanggan secara simultan sebesar 61%. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa bauran pemasaran promosi yang dilakukan PT. Telekomunikasi Indonesia pada IndiHome terhadap kepuasan pelanggan di Jakarta Selatan bahwa dinilai telah berpengaruh positif dan signifikan. Hal tersebut dikarenakan pelanggan sering melihat iklan IndiHome di televisi atau melalui media online email atau melalui brosur cetak sebagai sarana atau sumber informasi ketika mereka hendak melakukan pembelian produk IndiHome dari Telkom.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen; Pemasaran, Strategi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 05:34 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 05:34 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1789 |
Actions (login required)
View Item |