Septia, Dea Rachma (2017) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Fashion Batik Online SCATIQ di Jakarta/ Dea Rachma Septia / 77130339 / Pembimbing: Liaw Bun Fa. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (736kB) |
|
Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
BAB 2.pdf - Published Version Download (741kB) |
|
Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
BAB 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
BAB 4.pdf - Published Version Download (821kB) |
|
Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
BAB 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
BAB 6.pdf - Published Version Download (796kB) |
|
Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
BAB 7.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Resiko Usaha)
BAB 8.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
|
Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
BAB 9.pdf - Published Version Download (645kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (562kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Resume)
RESUME.pdf - Published Version Download (724kB) |
Abstract
SCATIQ adalah bisnis yang bergerak dalam bidang fashion yang menawarkan scarf batik sebagai produk utamanya. SCATIQ menjualkan produknya secara online melalui website www.scatiq.com , dan account media social seperti Instagram, Facebook yaitu scatiq.scarf, serta melalui platform seperti tokopedia dan shopee. Kantor SCATIQ akan terletak di Jl. Cengkir blok F8 no.18, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Dan akan mengikuti bazar di mall – mall besar di Jakarta. SCATIQ memiliki visi “Menjadi produsen scarf batik terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu trend mode fashion batik”. Produk yang ditawarkan oleh SCATIQ adalah berbagai jenis produk batik cap dengan bahan dasar katun paris, seperti scarf segi empat, scarf pashmina, dress ikat, cardigan, rok, Seperti halnya bisnis yang lain, diperlukan srategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dan produk yang ditawarkan sebuah usaha. Untuk itu SCATIQ juga memiliki strategi pemasaran, yaitu dengan menggunakan media sosial, endorsement, market place, diskon bagi reseller, system loyalty point melalui website dan pembagian souvenir. Sebagai usaha yang profesional, dibutuhkan sumber daya manusia yang juga turut memberikan dampak positif bagi usaha. Saat ini direncanakan karyawan SCATIQ akan berjumlah empat orang yang terdiri dari satu orang manajer, dua orang bagian penjualan, satu orang bagian pergudangan. Investasi awal yang dibutuhkan SCATIQ sebesar Rp. 554.329.000 yang digunakan untuk biaya modal, biaya packaging, perlengkapan, peralatan, biaya website, sewa gedung, sewa stand, dan cadangan kas. Investasi awal ini berasal dari orangtua dan tabungan pribadi. Perkiraan performa laporan laba rugi selama 5 tahun ke depan yaitu dari tahun 2018 hingga tahun 2022, SCATIQ menghasilkan laba yang meningkat setiap tahunnya. Dilihat dari performa laporan arus kas, arus kas akhir pada tahun pertama bernilai positif dan diikuti kenaikan secara konstan di tahun berikutnya. Sedangkan hasil dari perhitungan dengan menggunakan penilaian kelayakan investasi adalah layak dengan menghasilkan NPV sebesar Rp. 456.017.306 dengan menggunakan tingkat suku bunga deposito sebesar 13,01%. Nilai IRR yang didapat dari hasil perhitungan adalah sebesar 34,39% dimana nilai tersebut lebih besar dari pada Rate of Return yang diharapkan yaitu sebesar 13.01%. Selain itu, diketahui periode pengembalian investasi adalah selama 3 tahun 3 hari. Dari hasil perhitungan-perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis pendirian usaha SCATIQ layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Fashion |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management) |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 03:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 03:12 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2270 |
Actions (login required)
View Item |