Komodifikasi Konten Popularitas Selebriti Dalam Film Dokumenter “Miss Americana” / Hielda Atalia Setiawan / 67170157 / Pembimbing: Altobeli Lobodally

Setiawan, Hielda Atalia (2021) Komodifikasi Konten Popularitas Selebriti Dalam Film Dokumenter “Miss Americana” / Hielda Atalia Setiawan / 67170157 / Pembimbing: Altobeli Lobodally. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (811kB)

Abstract

Popularitas selebriti merupakan komoditas yang menarik bagi pembuat film sehingga dijadikan ide kreatif yang mendatangkan keuntungan bagi industri media massa. Popularitas selebriti menjadi konsumsi hiburan bagi masyarakat yang secara tidak sadar membuat mereka terjebak dalam imajinasi kesenangan semata. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar praktik-praktik komodifikasi yang muncul dalam film dokumenter “Miss Americana” mengenai popularitas selebriti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komodifikasi. Dimana terdapat tiga bentuk komodifikasi yaitu, komodifikasi isi, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi tenaga kerja. Namun dalam penelitian ini, peneliti fokus pada komodifikasi isi konten pada film dokumenter “Miss Americana”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan tiga elemen analisis yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Bahan penelitian yang digunakan adalah film dokumenter “Miss Americana” di Netflix. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi sebagai data primer, serta buku-buku dan literatur elektronik sebagai data sekunder. Peneliti menemukan bahwa popularitas selebriti dapat dimaknai sebagai sosok yang dominan, pusat perhatian, sosok yang multitalenta, orang memiliki posisi penting serta perjuangan, gaya hidup glamor, hilangnya privasi, bentuk kesempurnaan, sensasi dan kontroversi juga kompetisi, daya tarik, memiliki pengaruh besar, dan yang terakhir yaitu pemujaan. Selebriti dan popularitas menjadi sebuah medan magnet bagi media massa untuk menciptakan keuntungan. Akan tetapi media massa justru seringkali terjebak dalam pemanfaatan selebriti dan popularitasnya sebagai drama yang dapat menghasilkan keuntungan. Media massa justru melupakan tugas dasarnya untuk memberikan informasi dan edukasi, namun tidak hanya menghibur semata. Selebriti dengan segala aspek-aspek kehidupan dan popularitasnya tak jarang membawa ekses yang buruk bagi masyarakat khusunya penggemarnya. Seperti menunjukkan gaya hidup glamor, membuat sensasi pertengkaran dengan selebriti lainnya, dan standar tubuh tertentu yang dimiliki oleh seorang selebriti.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi; komodifikasi isi; komodifikasi khalayak; komodifikasi tenaga kerja; Popularitas Selebriti; Semiotika; Film; Miss Americana; Netflix
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Semiotics
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:28
Last Modified: 18 Aug 2022 04:28
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item