Pengaruh Pajak, Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus Terhadap Indikasi Praktek Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 / Marshella Satya Gunawan / 31179024 / Pembimbing: Amelia Sandra

Gunawan, Marshella Satya (2021) Pengaruh Pajak, Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus Terhadap Indikasi Praktek Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 / Marshella Satya Gunawan / 31179024 / Pembimbing: Amelia Sandra. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (675kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Transfer pricing adalah kebijakan suatu perusahaan dalam menentukan harga transfer suatu transaksi antarpihak yang dipengaruhi hubungan istimewa, baik itu barang, jasa, harta tak berwujud atau transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan. Transfer pricing dalam konteks pajak internasional timbul akibat adanya perbedaan tarif pajak antarnegara. Perbedaan pajak ini membuat perusahaan multinasional mengambil keputusan transfer pricing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pajak, tunneling inncentive, dan mekanisme bonus mempengaruhi indikasi praktek transfer pricing pada perusahaan Transaksi dengan pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa wajib menerapkan prinsip kewajaran dan kelaziman usaha. Teori agensi menjelaskan suatu teori yang menyebutkan bahwa ada perbedaan kepentingan antara pemilik (pemegang saham), direksi (profesional perusahaan) dan karyawan perusahaan. Kemudian akan menimbulkan pertentangan antara kepentingan individu dengan kepentingan perusahaan. Dan teori akuntansi positif menjelaskan bagaimana prosedur akuntansi yang dipilih manajer sehingga dapat memaksimalkan laba untuk mengejar bonus yang ditetapkan oleh pemilik perusahaan. Jika bonus yang diterima oleh manajer didasarkan atas pencapaian laba perusahaan secara keseluruhan maka logis bila manajer melaporkan laba bersih setinggi mungkin. Penelitian ini menggunakan 3 variabel independen yaitu pajak, tunneling inncentive, dan mekanisme bonus, untuk variabel dependennya adalah transfer pricing. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh adalah 15 perusahaan sehingga selama 3 tahun pengamatan diperoleh 45 data observasi, data ini diperoleh dari laporan keuangan yang telah di audit. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji pooling, uji asumsi klasik, uji f, uji t dan uji R 2 , menggunakan software IMB SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini telah lolos uji asumsi klasik dan uji pooling data. Berdasarkan uji f didapatkan nilai signifikansi 0.000 sehingga modelnya dapat dikatakan layak. Dari hasil uji t didapatkan variabel pajak sebesar 0.445, variabel tunneling incentive 0.000, variabel mekanisme bonus 0.077. Dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.793 atau 79.3 %. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pajak tidak berpengaruh negatif terhadap indikasi praktek transfer pricing, tunneling incentive berpengaruh positif terhadap indikasi praktek transfer pricing, dan mekanisme bonus tidak berpengaruh positif terhadap indikasi praktek transfer pricing.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pajak; Tunneling Incetive; Mekanisme Bonus; Transfer Pricing; Perusahaan Manufaktur; Bursa Efek Indonesia; Periode 2017-2019
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Sector Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:17
Last Modified: 07 Sep 2022 05:17
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item