Pengaruh Effective Tax Rate, Profitabilitas, dan Bonus Plan Terhadap Indikasi Transfer Pricing Pada Perusahaan Multinasional Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2019 / Muhammad Taufiq Al’Afuw / 34170264 / Pembimbing: Amelia Sandra

Al’Afuw, Muhammad Taufiq (2021) Pengaruh Effective Tax Rate, Profitabilitas, dan Bonus Plan Terhadap Indikasi Transfer Pricing Pada Perusahaan Multinasional Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2019 / Muhammad Taufiq Al’Afuw / 34170264 / Pembimbing: Amelia Sandra. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (976kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (749kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (753kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka memperkuat bisnis global, perusahaan muanufaktur membangun anak perusahaan, cabang, maupun perwakilan perusahaan di berbagai negara. Dengan membangun anak atau cabang perusahaan di berbagai dunia. Perusahaan manufaktur juga akan dihadapi dengan suatu masalah yaitu perbedaan tarif pajak. Perbedaan tarif pajak ini menimbulkan masalah di setiap perusahaan manufaktur. Sehingga perusahaan mengambil keputusan untuk melakukan transfer pricing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar effective tax rate, profitabilitas, dan bonus plan terhadap transfer pricing. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan multinasional sektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Transfer pricing adalah suatu kebijakan yang di atur oleh perusahaan dalam menetapkan harga transfer atas suatu transaksi, baik berupa transaksi jasa, barang, harta tak berwujud, maupun transaksi financial yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam penelitian ini didasari pada 3 teori yaitu teori akuntansi positif, teori agency, dan pecking order theory. Pengambilan sample penelitian menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi yang dipakai adalah seluruh sektor perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan jumlah 60 sample. Dengan menggunakan metode purposive sampling sample yang didapat sebanyak 12 perusahaan. Sumber data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data telah memenuhi uji kesamaan koefisien, maupun uji kelayakan model pada tingkat signifikansi 5% (0,05). Selanjutnya berdasarkan uji regresi ditemukan bahwa effective tax rate memiliki nilai sig. (0,0055), Profitabilitas memiliki nilai sig. (0,001) dan bonus plan memiliki nilai sig. (0,0.06). Dengan demikian hasil yang didapat pada beberapa variable sesuai dengan hipotesis awal yaitu Effective Tax Rate berpengaruh positif terhadap transfer pricing. Variable lain tidak sesuai dengan hipotesis awal karena hasil tersebut menunjukkan Profitabilitas berpengaruh negative terhadap transfer pricing dan Bonus Plan tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Kata kunci: Effective Tax Rate, Profitabilitas, Bonus Plan, Transfer Pricing.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pajak dan Perpajakan; tarif pajak; Effective Tax Rate; Profitabilitas; Bonus Plan; Transfer Pricing; teori akuntansi positif; teori agency; pecking order theory; Perusahaan Multinasional Sektor Manufaktur; BEI; Periode 2015-2019
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Sector Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:21
Last Modified: 16 Dec 2022 06:21
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item