Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Konsumen untuk Menggunakan Jasa Maskapai Penerbangan Air Asia yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen / Yohanes Febrianto / 27120470 / Pembimbing : Tumpal J.R. Sitinjak

Febrianto, Yohanes (2016) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Konsumen untuk Menggunakan Jasa Maskapai Penerbangan Air Asia yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen / Yohanes Febrianto / 27120470 / Pembimbing : Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version

Download (797kB)

Abstract

Pada jaman yang serba cepat ini, mobilitas yang tinggi sudah menjadi suatu kebutuhan. Salah satunya adalah transportasi udara. Tarif penerbangan murah menjadi suatu fenomena yang menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa maskapai penerbangan. Pemasar berlomba-lomba menarik konsumen sebanyak-banyaknya dengan promo dan janji terhadap jaminan kualitas layanan terbaik. Karena dengan tingginya kualitas layanan akan menciptakan kepuasan konsumen yang tinggi, dan akan berimbas pada minat beli konsumen. Kualitas layanan yang baik merupakan komponen penting yang harus dimiliki sebuah perusahaan. Karena tingkat kepuasan konsumen akan sangat dipengaruhi dari kualitas layanan yang mereka terima dari perusahaan, terutama dalam bisnis bidang jasa. Kualitas layanan yang diberikan juga akan menentukan minat beli konsumen terhadap sebuah jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara empirik pengaruh dari variabel kualitas layanan terhadap minat beli konsumen yang dimediasi oleh variabel kepuasan konsumen. Maskapai penerbangan yang diteliti adalah Air Asia. Maskapai ini dipilih karena Air Asia merupakan sebuah maskapai penerbangan berbiaya rendah dengan pangsa pasar yang besar di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan partisipasi 150 responden yang pernah menggunakan layanan jasa penerbangan Air Asia. Data diuji dengan menggunakan metode analisis SEM (structural equation modeling) yang menggunakan bantuan program Lisrel 8.80. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan analisa pengaruh antar variabel sehingga dapat dilihat pengaruh langsung atau pengaruh tidak langsung pada variabel yang diuji tersebut. Pengujian hipotesis melalui pengujian model struktural menyatakan terdapat pengaruh antara kualitas layanan dengan kepuasan konsumen dan minat beli konsumen secara terpisah (parsial). Sedangkan secara tidak langsung kualitas layanan juga memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen melalui mediasi kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat beli konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Minat Beli Konsumen; Jasa Maskapai Penerbangan; Air Asia airline; Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:34
Last Modified: 24 Jul 2023 07:34
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item