Widjaja, Michael Febrian (2022) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Food & Beverage Makan Yuk di Jakarta Pusat / Michael Febrian Widjaja / 77190506 / Pembimbing: Supriyanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (881kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (614kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (485kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (733kB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (679kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (471kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (525kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penulis membuat rencana bisnis Food and Beverage dikarenakan usaha ini memiliki peluang yang baik dan dapat tumbuh di Jakarta. Penulis mengutamakan konsep inovasi dan kreatif terhadap produk usaha Makan Yuk. Usaha Makan Yuk beroperasi dengan offline maupun online dimana konsumen dapat datang langsung untuk menikmati produk maupun dapat dengan memesan melalui online. Penulis melakukan analisis terhadap pesaing dengan menggunakan Analisis PESTEL, Analisis Model Porter, Analisis Competitive Profile Matrix, dan Analisis Eksternal & Internal dengan Analisis SWOT. Perencanaan bisnis ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persaingan dalam industri Food and Beverage khususnya Jajanan di Jakarta, segmentasi pasar yang ditargetkan oleh Makan Yuk, strategi pemasaran, strategi promosi, dan differensiasi Makan Yuk terhadap para pesaingnya. Penulis juga melakukan perencanaan terhadap sumber daya manusia sesuai kebutuhan operasional Makan Yuk. Penulis juga membuat perencanaan kegiatan produksi, kebutuhan operasional, ramalan penjualan, survei pasar dan pemasok, serta alur produk untuk konsumen yang datang ke usaha Makan Yuk. Penulis juga merencanakan struktur organisasi dan kegiatan recruitment terhadap tenaga kerja di usaha Makan Yuk. Perencanaan bisnis ini dibuat untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, segmentasi, dan menilai kelayakan bisnis Makan Yuk. Nilai Investasi awal sebesar Rp 129.270.000. Menurut studi kelayakan maka didapat : Payback Period dapat dicapai dalam 3 tahun 7 bulan 14 hari, NPV lebih dari 0 maka dapat dikatakan positif, serta hasil PI Makan Yuk sebesar 1,48 lebih dari 1,0 yang berarti positif dan usaha layak untuk dijalankan. Penjualan Makan Yuk untuk setiap tahunnya lebih besar dari nilai BEP dan dapat dikatakan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usaha; Usaha Jajanan; Makanan; Food and Beverage; Makan Yuk; Jual online; Jual offline; Analisis PESTEL; Analisis Model Porter; Analisis Competitive Profile Matrix; Analisis SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 06:03 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 06:03 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4714 |
Actions (login required)
View Item |