Pengaruh Terpaan TikTok Live Shop terhadap Ketergantungan Media TikTok Dikalangan Karyawan PT. Era Vista Estetika / Leonardus Renaldi Setiawan / 61190306 / Pembimbing: Imam Nuraryo

Setiawan, Leonardus Renaldi (2023) Pengaruh Terpaan TikTok Live Shop terhadap Ketergantungan Media TikTok Dikalangan Karyawan PT. Era Vista Estetika / Leonardus Renaldi Setiawan / 61190306 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISI DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Adanya perkembangan media yang semakin canggih dah berkembang pesat, terutama pada media digital, membuat kita semakin terbiasa untuk melakukan interaksi dengan sesama kapanpun dan juga dimanapun. Seiring dengan perkembangan media digital ataupun media sosial, semakin banyak kemudahan yang ditawarkan oleh media-media tersebut dengan fitur-fitur pelengkap yang mereka berikan. Salah satu media digital atau media sosial yang saat ini tengah naik daun adalah TikTok. TikTok sendiri pertama kali diluncurkan ke publik secara umum pada bulan September 2016 oleh Zhang Yiming. TikTok adalah sebuah aplikasi yang pada awalnya hanya memungkinkan pengguna untuk saling berbagi momen-momen unik ataupun lucu berupa video disertai musik. Seiring berjalannya waktu TikTok terus berkembang dan menyediakan banyak fitur yang mempermudah penggunanya. Para pengguna media sosial diterpa oleh banyaknya media digital yang bermunculan dan perkembangannya secara terus menerus, oleh karena itu peneliti meneliti adanya pengaruh dari terpaan media TikTok Live Shop terhadap ketergantungan media dikalangan karyawan PT Era Vista Estetika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ketergantungan Media. Teori ini mengacu kepada bagaimana semakin seseorang tergantung pada sebuah media agar bisa memenuhi kebutuhannya, maka media tersebut akan menjadi semakin penting bagi orang tersebut. Semakin tinggi sebuah media dapat memberikan pemenuhan kebutuhan, maka akan semakin tinggi ketergantungan pada media tersebut. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pengaruh terpaan media TikTok Live Shop. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 104 responden yang merupakan karyawan dari PT Era Vista Estetika dengan menggunakan teknik random sampling sederhana. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukan bahwa adanya dampak terpaan media TikTok Live Shop terhadap ketergantungan media TikTok dilihat dari 3 dimensi sebagai indikator yaitu dimensi Frekuensi, Atensi, dan Durasi. Frekuensi dalam menggunakan TikTok Live Shop, Atensi dalam menggunakan TikTok Live Shop dan juga durasi dalam menggunakan TikTok Live Shop mempengaruhi ketergantungan media TikTok. Kesimpulan dari penelitian kali ini adalah terpaan media TikTok Live Shop berpengaruh terhadap ketergantungan media TikTok dari beberapa faktor yaitu frekuensi, atensi, dan durasi yang memiliki dampak dari ketiga dimensi ini dan juga membuktikan bahwa ada dampak terpaan media TikTok Live Shop terhadap ketergantungan media sosial TikTok.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media; Ketergantungan Media; TikTok Live Shop; TikTok; Karyawan; PT. Era Vista Estetika
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:07
Last Modified: 24 Jul 2024 05:07
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item