Wulandari, Putri Ayu (2024) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Aksesoris Manik–Manik Lilputh Studio di Jakarta / Putri Ayu Wulandari / 75200166 / Pembimbing: Rizqy Azis Basuki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (919kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (581kB) |
![]() |
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (901kB) |
![]() |
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (972kB) |
![]() |
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
![]() |
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
![]() |
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (499kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (471kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Lilputh Studio merupakan bisnis yang bergerak di bidang aksesoris dan perhiasan yang menyediakan kalung, cincin, gelang, dan juga phone strap yang terbuat dari manik – manik. Bisnis ini melayani pembelian custom yang beroperasi secara online melalui aplikasi Shopee. Lokasi usaha Lilputh Studio terletak di Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat. Lilputh Studio memiliki visi yaitu “menjadikan usaha aksesoris manik – manik lebih dikenal dengan keunikan dan kualitasnya yang mampu bersaing di pasar aksesoris Indonesia yang berguna untuk menambah estetika penggunanya serta membantu aktivitas sehari-hari. Lilputh Studio juga memprioritaskan pencapaian kepuasan pelanggan sehingga loyalitas pelanggan dapat terjamin.”, dan memiliki misi untuk mendukung pencapaian visi, antara lain : Menyediakan produk perhiasan non emas perak dan aksesoris yang unik dan menarik guna memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat ; Memberikan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan sepenuh hati ; Menjadikan perhiasan dan aksesoris bukan hanya sekedar untuk memanjakan mata namun berguna dalam membantu aktivitas sehari – hari. Target pasar Lilputh Studio yakni masyarakat daerah Jakarta, laki – laki atau Perempuan, usia 15 – 35 tahun, kelas sosial menengah hingga keatas, memiliki gaya hidup konsumtif, penyuka fashion, pengguna media sosial dan aplikasi E–Commerce. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat, Lilputh Studio menyusun berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan pangsa pasar yaitu melalui media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen dengan membuat konten – konten yang menarik dan edukatif, pemanfaatan fitur ads pada Instagram, menggunakan jasa influencer / KOL, promosi mouth to mouth, dan pemberian program diskon pada hari – hari tertentu. Sumber daya manusia yang dibutuhkan Lilputh Studio berjumlah 3 (tiga) orang yang terdiri dari 1 manajer, 1 admin, dan 1 staff. Dalam perhitungan analisis kelayakan usaha, Lilputh Studio memiliki prospek yang positif. Hal ini dilihat berdasarkan hasil analisis keuangan yang menunjukkan bahwa Payback Period dalam waktu 2 Tahun 7 Bulan 9 Hari, Net Present Value mendapatkan hasil positif sebesar Rp. 160.564.956, hasil Profitability Index sebesar 6, dan hasil Break Even Point yaitu hasil penjualan per tahun Lilputh Studio lebih besar dari nilai Break Even Point. Hal ini menunjukkan bahwa usaha Lilputh Studio layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lilputh Studio; Pendirian Bisnis; Aksesoris Manik–Manik; Perhiasan; Aksesoris |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:35 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:35 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |