Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Usahawan dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Harapan Indah) / Audrey Marcelia / 32200011 / Dosen Pembimbing: Yustina Triyani

Audrey Marcelia, Audrey Marcelia (2024) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Usahawan dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Harapan Indah) / Audrey Marcelia / 32200011 / Dosen Pembimbing: Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV -HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version

Download (518kB)

Abstract

Sebagai warga Negara Indonesia, masyarakat memiliki kewajiban yang harus dilakukan, salah satunya yaitu membayar pajak tepat pada waktunya. Pajak menjadi sumber utama pendapatan negara, sehingga menjadikan pajak memiliki peran penting dalam anggaran negara. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan perpajakan, sanksi pajak dan kualitas layanan pajak serta sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Harapan Indah. Penelitian ini menggunakan teori kepatuhan, teori atribusi, dan teori kesadaran. Teori kepatuhan merupakan teori yang menyatakan bahwa wajib pajak memenuhi seluruh kewajiban perpajakan dan memenuhi hak perpajakan. Teori atribusi berkaitan dengan kepatuhan wajib pajak untuk menentukan apakah perilaku wajib pajak patuh atau tidak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Teori kesadaran menyatakan bahwa kepribadian seseorang dipengaruhi oleh tiga tingkat kesadaran yaitu sadar, prasadar dan tidak sadar. Faktor-faktor yang dianggap dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak adalah pengetahuan perpajakan, sanksi pajak dan kualitas layanan pajak serta sosialisasi perpajakan. Objek pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi non usawahan di Harapan Indah, Bekasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dalam bentuk Google form dan secara fisik, kuesioner yang disebar menghasilan sebanyak 124 kuesioner dan terdapat 109 kuesioner yang sesuai kriteria dan dapat diteliti. Data kemudian dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi moderasi dan uji hipotesis menggunakan software SPSS 26. Hasil uji t untuk variabel pengetahuan perpajakan memperoleh Sig. 0.002 dan B sebesar -0.319, variabel sanksi pajak memiliki nilai Sig. 0.004, variabel kualitas pelayanan pajak memiliki nilai Sig. 0.596, variabel pengetahuan perpajakan di moderasi oleh sosialisasi perpajakan memiliki nilai Sig. 0.000, variabel sanksi pajak yang di moderasi oleh sosialisasi perpajakan memiliki nilai Sig. 0.003, dan variabel kualitas layanan pajak yang di moderasi oleh sosialisasi perpajakan memiliki nilai Sig. 0.609. Kesimpulan yang didapat yaitu pengetahuan pajak dan kualitas pajak tidak memiliki cukup bukti berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Sosialisasi perpajakan dapat memoderasi variabel pengetahuan pajak dan sanksi pajak, tetapi tidak dapat memoderasi variabel kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kualitas Layanan Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kualitas Layanan Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Banks and Banking
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HG Finance > Personal Finance
H Social Sciences > HG Finance > Profits
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: Rijal Zaenal Abidin
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:58
Last Modified: 10 Dec 2025 08:58
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item