Pengaruh E-service quality Terhadap E-loyalty Dengan E-trust Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Fore Coffee / Marcelline Putri Lasmana / 73200160 / Pembimbing: Rizqy Aziz Basuki

Marcelline Putri Lasmana, Marcelline Putri Lasmana (2024) Pengaruh E-service quality Terhadap E-loyalty Dengan E-trust Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Fore Coffee / Marcelline Putri Lasmana / 73200160 / Pembimbing: Rizqy Aziz Basuki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (671kB)
[img] Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV - HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Di era modern seperti sekarang ini yang perkembangannya sangat pesat, tidak bisa kita pungkiri bahwa perubahan gaya hidup atau lifestyle juga ikut serta terkena dampak perkembangan zaman. Dari perubahan gaya hidup tentu sangat berdampak bagi masyarakat dari perubahan pola pikir, tingkah laku maupun budaya. Dengan adanya perubahan ini salah satu hal yang terkena dampaknya adalah budaya meminum kopi. Fore Coffee adalah sebuah start up bisnis jaringan waralaba kopi yang berasal dari Indonesia yang fokus pada menyajikan kopi berkualitas dengan berbagai pilihan biji kopi, metode penyeduhan, dan rasa yang beraneka macam. Fore Coffee didirikan pada Agustus 2018 di Jakarta, Indonesia, dan sejak saat itu mereka telah berkembang menjadi sebuah merek kopi yang dikenal di seluruh Indonesia. Mereka juga memiliki berbagai inovasi dalam bisnis mereka, seperti penggunaan mesin otomatis dalam proses pembuatan kopi untuk menjaga konsistensi rasa. Fore Coffee telah membuka banyak gerai di seluruh Indonesia dan terus berkembang. Mereka juga menawarkan beragam produk kopi, termasuk kopi dingin, kopi panas, dan camilan ringan. Dengan fokus pada kualitas kopi dan aksesibilitas, Fore Coffee telah menjadi salah satu pemain utama di industri kopi di Indonesia. Dengan meningkatnya tren meminum kopi, maka membuat semua kedai kopi harus bersaing. Tentunya semua kedai kopi yang bersaing harus memperhatikan unsur kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan agar menciptakan rasa percaya dan menumbuhkan rasa loyalitas kepada perusahaan. Penelitian ini memiliki batasan masalah untuk meneiliti hubungan antara e-service quality terhadap e-trust, hubungan e-service quality terhadap e-loyalty, hubungan e-trust terhadap e-loyalty, dan hubungan e-trust sebagai moderator pada e-service quality terhadap e-loyalty. Objek dalam penelitian ini adalah Fore Coffee, dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan Fore Coffee yang pernah memberi produk Fore sebanyak lebih dari 3 kali di aplikasi Fore Coffee dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui media Google Forms sebanyak 125 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilias menggunakan SPSS Versi 26 dan PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Model) dengan menggunakan SmartPLS 3.0 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa E-service quality berpengaruh signifikan terhadap e-trust, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap e-loyalty, e-trust berpengaruh tidak signifikan terhadap e-loyalty dan e-service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap e-loyalty melalui e-trust. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada aplikasi Fore Coffee, meskipun kepercayaan tidak langsung memengaruhi loyalitas. Saran untuk Fore adalah meningkatkan kualitas layanan untuk memperkuat kepercayaan dan menjaga loyalitas pelanggan, Kata Kunci : E-service quality, E-trust, E-loyalty

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : E-service quality, E-trust, E-loyalty
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Small Business - Management
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success
H Social Sciences > HF Commerce (Trade) > Marketing Channels
Depositing User: Rijal Zaenal Abidin
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:57
Last Modified: 17 Dec 2025 04:57
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item View Item