Soejono, Bella Valentina (2019) Pemanfaatan Website Usaha Kecil dan Menengah Central Bengkel Tas Sebagai Sarana Komunikasi Pesan / Bella Valentina Soejono / 64150123 / Pembimbing : Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
JUDUL FINAL.docx - Accepted Version Download (39kB) |
|
Text
pengesahan.pdf - Accepted Version Download (146kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.docx - Accepted Version Download (16kB) |
|
Text
ABSTRACT B.INGGRIS.docx - Accepted Version Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx - Accepted Version Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
LAMPIRAN OBSERVASI.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Originalitas.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
Abstract
UKM atau Usaha Kecil dan Menegah merupakan sebuah usaha kecil menengah berskala kecil yang ternyata memiliki peran yang penting dalam lajunya perkembangan perekonomian yang ada di Indonesia. Salah satu UKM yang sudah ada sejak lama di Jakarta adalah Perkampungan Industri Kecil (PIK). Perkampungan Industri Kecil (PIK) dulunya terkenal dan banyak dikunjungi oleh pengunjung, sebelum kemudian tergerus oleh perubahan zaman. Era digital memang tidak mungkin untuk dihindari, pelaku UKM harus mampu memaksimalkan manfaat perkembangan digital. Salah satu UKM pengrajin tas yang sudah memanfaatkan perkembangan digital adalah Central Bengkel Tas. Digital marketing digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital. Terdapat 6 elemen dalam digital marketing yakni interactivity, intelegence, individualtisation, integration, industry restructuring, dan independence of location. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancarai oleh Peneliti adalah pemilik Central Bengkel Tas di Perkampungan Industri Kecil. Dari hasil penelitian ini, UKM Central Bengkel Tas sudah menerapkan beberapa elemen digital marketing dalam wesbite milikinya. Central Bengkel Tas sudah menerapkan komunikasi dua arah, rutin mengganti isi konten, dan memperluas pasarnya. Namun, Central Bengkel Tas tidak aktif dalam media sosial dan marketplace miliknya. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dari penelitian ini adalah penerapan dan pelaksaan digital marketing UKM Central Bengkel Tas melalui website sudah ada beberapa elemen yang sudah digunakan oleh UKM Central Bengkel Tas. UKM Central Bengkel Tas juga mengatakan bahwa website menjadi salah satu alat untuk memasarkan produknya dan juga promosi. Central Bengkel Tas tidak aktif dalam media sosial dan marketplace miliknya karena kurang sumber daya manusia yang membuat pemiliknya mengatur bagian produksi dan juga website sekaligus.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing; Pemasaran-Promosi; Website; Usaha Kecil dan Menengah; Central Bengkel Tas; Sarana Komunikasi Pesan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 08 Jun 2020 06:00 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 07:23 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/79 |
Actions (login required)
View Item |