Peran Media Digital Dalam Mengkomunikasikan Misi Perusahaan (Studi Kasus ‘Catatan Najwa: Episode Maudy Ayunda Suka Belajar’) / Felicia Cindy Winata / 60180525 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y. Johassan

Winata, Felicia Cindy (2020) Peran Media Digital Dalam Mengkomunikasikan Misi Perusahaan (Studi Kasus ‘Catatan Najwa: Episode Maudy Ayunda Suka Belajar’) / Felicia Cindy Winata / 60180525 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
60180525 - FELICIA - awal.pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
60180525 - FELICIA - bab 1.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
60180525 - FELICIA - bab 2.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
60180525 - FELICIA - bab 3.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
60180525 - FELICIA - bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
60180525 - FELICIA - bab 5.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
60180525 - FELICIA - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Lampiran)
60180525 - FELICIA - lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
60180525 - FELICIA - orisin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text (Resume)
60180525 - FELICIA - resume.pdf - Published Version

Download (965kB)

Abstract

Untuk mengetahui peran media digital dan dapat mengkomunikasikan misi perusahaan Narasi memproduksi konten-konten digital baik serta positif yang ditayangkan melalui media YouTube dan bertemakan khusus tentang perkembangan aktual terkait remaja, politik, perfilman, musik, dan event. Dengan sosok public figure seperti Maudy Ayunda yang hadir dalam kontennya, Narasi berharap semakin banyak anak muda milenial yang menonton dan subscribe channel Narasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi computing, communication, content dan convergence dalam konten digital yang membentuk misi perusahaan Narasi. Media sosial YouTube yang menjadi salah satu wadah bagi Narasi untuk memproduksi dan mempublikasikan setiap konten yang dibuat dan mendapatkan jangkauan penonton yang lebih luas, sarana komunikasi dengan masyarakat lebih mudah, dan dapat menyuguhkan konten yang sesuai dengan apa yang sedang diminati publik. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan teori “New Media” yang dikemukakan oleh Terry Flew bahwa media baru memiliki 4 komponen dasar yaitu computing, communication, content, convergence. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data primer penelitian diperoleh melalui wawancara dengan PR, Digital Konten dan Marketing. Data sekunder diperoleh dari hasil observasi terhadap konten. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui penelitian kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya computing yang telah dilakukan oleh Narasi memiliki hubungan terhadap misi perusahaan. Dengan membuat konten yang berkualitas dan tidak ada unsur pembohongan menjadi sarana komunikasi perusahaan untuk mengkomunikasikan misi perusahaan. Konten yang dibuat Narasi bertujuan untuk menyampaikan misi perusahaan sebagai media edukasi anak muda. Konvergensi media yang telah diterapkan Narasi memiliki keterkaitan terhadap misi perusahaan, dan dampaknya dapat dirasakan seperti dari peningkatan viewers. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan strategi komunikasi dengan 4 (empat) komponen berdasarkan teori New Media yaitu computing, communication, content dan convergence dengan peran media digital dalam mengkomunikasikan misi perusahaan (Studi Kasus ‘Catatan Najwa Episode: Maudy Ayunda Suka Belajar’).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Broadcasting; Media Digital; Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:25
Last Modified: 14 Dec 2020 03:25
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item