Chiquita, Vania Baby (2019) Hubungan Motif dan Kepuasan Penggunaan Aplikasi Zomato Di Kalangan Pelajar Jakarta Timur / Vania Baby Chiquita / 61150528 / Pembimbing : Rizal Yussac. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
COVER SKRIPSI ZOMATO.docx - Accepted Version Download (62kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Download (143kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx - Accepted Version Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI ZOMATO.docx - Accepted Version Download (22kB) |
|
Text
BAB I ZOMATO.docx - Accepted Version Download (45kB) |
|
Text
BAB II ZOMATO.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
BAB III ZOMATO.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
BAB IV ZOMATO.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BAB V ZOMATO.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ZOMATO.docx - Accepted Version Download (26kB) |
|
Text
LAMPIRAN ZOMATO.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dalam bidang kuliner dengan menggunakan smartphone salah satunya adalah bermunculan berbagai aplikasi mobile yang menyajikan informasi mengenai berbagai restoran dan makanan. Salah satu aplikasi yang memberikan informasi mengenai kuliner adalah “Zomato”. Peneliti melakukan penelitian mengenai hubungan motif dan kepuasan penggunaan Zomato di kalangan pelajar Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motif, kepuasan dan hubungan diantara keduanya dalam penggunaan aplikasi Zomato di kalangan pelajar Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification yang menyatakan bahwa orang secara aktif mencari media tertentu dan muatan (isi) tertentu untuk menghasilkan kepuasan (atau hasil). Peneliti menggunakan teori uses and gratification untuk mengetahui apakah motif dan kepuasan yang dimiliki oleh pelajar dalam menggunakan aplikasi Zomato ini. Kategori motif dan kepuasan yang akan digunakan, yaitu pengalihan (diversion), hubungan personal (personal relationship), identitas personal (personal identity), pengawasan (surveillance). Empat pembagian dasar inilah yang akan menjadi tolak ukur penelitian mengenai motif dan kepuasan pada pelajar di Jakarta Timur. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel probabilitas dengan metode cluster sampling. Alasan Peneliti menggunakan teknik ini karena penelitian ini memiliki populasi yang cukup homogen dan jumlah populasi yang sangat besar. Dalam mengumpulkan data, Peneliti menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 171 orang responden. Teknik Analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis hubungan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, penelitian ini memperoleh hasil bahwa hubungan diantara variabel motif dan kepuasan adalah kuat dengan diperoleh angka sebesar 0,775. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara keseluruhan diantara keempat motif, nilai rata-rata skor tertinggi terdapat pada motif surveillance. Pada variabel kepuasan nilai rata-rata skor tertinggi juga terdapat pada kepuasan surveillance. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat motif yang mendorong pelajar SMA Budhaya 2 Santo Agustinus dalam menggunakan aplikasi Zomato dan dari segi kepuasan menunjukan bahwa terjadi kesenjangan antara motif dengan kepuasan. Hubungan antara variabel motif dan kepuasan terdapat hubungan yang kuat. Saran untuk penelitian dengan topik sejenis adalah penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menganalisis perkembangan teknologi di bidang kuliner yang sudah banyak bermunculan, dapat menggunakan media lain selain media pencarian kuliner dan Peneliti berharap masyarakat dapat membuat aplikasi yang sejenis yang dapat menjangkau wilayah yang lebih luas di Indonesia.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen; E-Commerce; Motif; Aplikasi Zomato |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 09:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 09:54 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/126 |
Actions (login required)
View Item |