Proses Komunikasi Intrapersonal Dewasa Muda Dalam Menentukan Keputusan Untuk Menjadi Wirausahawan / Dede Ginanjar / 69130113 / Pembimbing: Glorya Agustiningsih

Ginanjar, Dede (2017) Proses Komunikasi Intrapersonal Dewasa Muda Dalam Menentukan Keputusan Untuk Menjadi Wirausahawan / Dede Ginanjar / 69130113 / Pembimbing: Glorya Agustiningsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (769kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version

Download (743kB)

Abstract

Dewasa Muda adalah aset yang sangat berpengaruh bagi kemajuan suatu negara. Agar memiliki dampak positif bagi suatu negara, Dewasa Muda harus menggunakan waktu mereka dengan melakukan aktivitas positif. Pada kenyataannya, saat ini banyak Dewasa Muda tidak menghabiskan waktu dengan aktivitas positif. Ada banyak cara agar Dewasa Muda dapat menggunakan waktu mereka secara positif, seperti membaca buku, mengakses informasi, dan menjadi wirausahawan. Menjadi wirausahawan berdampak sangat positif bagi sebuah negara, dan lingkungan sekitar Dewasa Muda. Dalam memutuskan untuk menjadi wirausahawan, pastinya Dewasa Muda diterpa oleh stimulus atau penyebab tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi intrapersonal, yaitu proses pengolahan informasi di dalam individu melalui empat tahap, yaitu sensasi, persepsi, memori dan berpikir. Selain itu ada juga hal-hal tentang perilaku dan pemahaman wirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan teknik eksploratif, karena Peneliti ingin menggali secara luas dan lebih mendalam tentang pola komunikasi intrapersonal. Subjek penelitian ini adalah komunikasi intrapersonal yang terjadi pada Dewasa Muda, yang telah menjadi wirausahawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam terhadap tiga informan. Hasil yang diperoleh dari ketiga informan tersebut adalah mereka menjadi wirausahawan melalui proses komunikasi intrapersonal yang meliputi stimulus, persepsi, memori dan berpikir. Pada stimulus mereka menangkap stimulus eksternal dan internal. Eksternal yaitu teknologi dan lingkungan psikososial. Pada faktor internal ketiganya dipengaruhi oleh faktor kognitif, konatif dan afektif. Ketiganya juga mempersepsikan stimulus dan perhatian menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Pada tahap memori, ketiganya melakukan proses perekaman stimulus, penyimpnan informasi yang baik dan informasi yang tidak baik dibuang, pemanggilan kembali informasi, juga ketiganya memiliki memori yang sangat melekat. Berpikir, ketiganya memiliki cara berpikir yang sama yaitu berpikir realistik, dua orang yang berpikir evaluatif dan satu orang yang berpikir induktif. Ketiganya juga memilih berpikir untuk menetapkan keputusan. Empat tahap komunikasi intrapersonal pasti terjadi pada Dewasa Muda, hanya saja yang terjadi pada masing-masing Dewasa Muda berbeda. Jadi komunikasi intrapersonal yang terjadi pada Dewasa Muda, dapat membuat Dewasa Muda memilih menjadi wirausahawan. Secara akademis, semoga penelitian ini berguna bagi Peneliti selanjutnya yang tertarik dan berminat untuk meneliti komunikasi intrapersonal. Kemudian secara praktis diharapkan masyarakat harus lebih terbuka terhadap informasi baru agar lebih memahami dan menciptakan wirausahawan baru sehingga bisa berdampak positif bagi individu tersebut dan daerah sekitarnya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Pribadi; Komunikasi Interpersonal; Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:37
Last Modified: 05 Jan 2022 07:37
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item