Violenda, Violenda (2015) Motif dan Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Dalam Menonton Stasiun Televisi NET Pada Aplikasi Mobile / Violenda / 67110076 / Pembimbing : Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf Download (889kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (988kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (873kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
|
Text
RESUME.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan menonton televisi menjadikan manusia dapat memahami dan mengerti informasi yang disampaikan. Manusia dapat menilai informasi sebagai pesan mendidik, menghibur, serta mempengaruhi para pemirsanya melalui berbagai cara penyampaiannya. Bahkan dengan munculnya televisi di Indonesia sangat besar dampaknya dalam kehidupan manusia terutama pada bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan negara. Salah satu contohnya ialah stasiun televisi NET TV yang muncul sebagai televisi informasi dan hiburan dengan konsep yang berbeda. Hal inilah yang membuat peneliti untuk tertarik untuk mengangkat permasalah ini dalam sebuah penelitian berjudul “Motif dan Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie dalam Menonton Stasiun Televisi NET pada Aplikasi Mobile”. Penelitian ini menggunakan Uses and Gratification dan Expectancy Value. Teori-teori tersebut akan digunakan untuk mengetahui motif dan kepuasan penonton dalam menonton stasiun televisi NET pada aplikasi mobile. Kepuasan yang dicari dan diperoleh akan menunjukan perbedaan rata-rata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif survei eksplanatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner diberikan kepada 130 orang penonton stasiun televisi NET pada aplikasi mobile. Peneliti menjelaskan motif dan tingkat kepuasan mahasiswa-mahasiswi ilmu komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie sebagai variabel yang diteliti. Motif (variabel bebas/X1) dan kepuasan (variabel bebas/X2) penonton dimana masing-masing memiliki empat dimensi, yaitu: Informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis presentase, dan rata-rata (mean). Hasil penelitian menggunakan pengujian rata-rata yakni didapatkan hasil pengujian motif yang terdiri dari motif informasi sebesar 4,23, motif identitas pribadi sebesar 4,27, motif integrasi dan interaksi sosial sebesar 4,3, dan motif hiburan sebesar 4,24. Dan kepuasan informasi sebesar 4,26, kepuasan identitas pribadi sebesar 4,34, kepuasan integrasi dan interaksi sosial sebesar 4,28, dan kepuasan hiburan sebesar 4,32. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 130 orang Mahasiswa Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie memiliki motif dan kepuasan dalam menonton stasiun televisi NET pada aplikasi mobile yakni pada dimensi informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan hiburan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen; Televisi dan Penyiaran; Industri Pertelevisian; Broadcasting |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:45 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:45 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2811 |
Actions (login required)
View Item |