Chrysilla, Carissa (2014) Peran Public Relations The Body Shop dalam Mengkampanyekan “Say No To Plastic” untuk Mendukung Gerakan Go Green dan Ramah Lingkungan / Carissa Chrysilla / 61100452 / Pembimbing : Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (965kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf Download (964kB) |
Abstract
Sampah plastik adalah masalah besar yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan, sehingga menghasilkan efek negatif bagi khalayak. The Body Shop merupakan produk kecantikan peduli dengan lingkungan sehingga ingin berpartisipasi untuk melakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan kampanye public relations. Kegiatan ini ditujukan kepada konsumen sebagai sarana untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya sampah plastik, sehingga mereka bisa lebih bijak saat menggunakannya sehari-hari. Pendekatan konsep pada penelitian ini ditekankan pada konsep public relations yaitu kampanye public relations. Public relations merupakan bentuk komunikasi dua arah yaitu dilakukan secara persuasif, hal ini dimanfaatkan dalam pengembangan perusahaan, termasuk kegiatan sosial. Kampanye public relations sebagai penyampaian komunikasi yang sudah direncanakan dengan tujuan untuk memberikan dampak bagi khalayak dalam jangka waktu tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif agar mampu mendapatkan informasi dan mendeskripsikan dengan jelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian terlihat bahwa peran public relations sangat berperan penting dalam sebuah kampanye, dimana kedua informan hasil wawancara menjelaskan bahwa peran public relations dalam kegiatan kampanye tersebut menitikberatkan untuk menciptakan komunikasi timbal balik, sehingga menghasilkan saling pengertian dan dukungan untuk tercapainya suatu tujuan tertentu. Hal ini dilakukan dalam bentuk komunikasi dua arah sehingga adanya responsif dari publik. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan kampanye, public relations bersifat mengikuti perkembangan suatu isu dan akan menimbulkan dampak situasi sebagai akibat dari proses komunikasi. Selain itu, melalui public relations sebagai mediasi untuk memberikan pesan atau informasi antara perusahaan dengan masyarakat.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relation; Pemasaran-Komunikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Public Relations |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 04:35 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 04:35 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2917 |
Actions (login required)
View Item |