Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador BTS Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Minat Beli Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Tokopedia / Cynthia Veronica Ngantung / 73170135 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina

Ngantung, Cynthia Veronica (2021) Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador BTS Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Minat Beli Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Tokopedia / Cynthia Veronica Ngantung / 73170135 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (945kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (832kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (943kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (905kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (649kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Teknologi dan arus informasi di Indonesia pada saat ini semakin maju, hal ini membuat masyarakat Indonesia semakin terbuka dengan bermacam pengetahuan secara global. Salah satu perkembangan di bidang teknologi informasi yang menjadi trend di Indonesia adalah internet. E-commerce merupakan salah satu contoh dari perkembangan internet dalam bidang gaya hidup yang saat ini sudah sangat diminati masyarakat untuk dipelajari karena telah mempengaruhi akses terbuka untuk layanan berbelanja online (Lestari, 2020). pada tahun 2021 Indonesia menjadi pengguna E-commerce tertinggi di Dunia dengan total persentase sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce untuk membeli produk tertentu dalam beberapa bulan terakhir (Databoks,2021). Tokopedia menjadi e-commerce dengan pengunjung situs bulanan tertinggi di Indonesia pada kuartal I2021 (databoks,2021). Tokopedia menggaet publik figur yang saat ini sedang popular di beberapa kalangan sebagai Brand Ambassador mereka yaitu BTS. Pada penelitian ini menggunakan teori-teori dari para ahli dan sumber lain untuk mendukung penelitian ini. Brand Ambassador biasanya dijadikan simbolisasi dapat diterima dengan mudah oleh konsumen (Mulyanto,2019). Brand Awareness memegang peran penting untuk keputusan pembelian karena pada dasarnya pelanggan cenderung membeli produk dengan brand-brand yang mereka ketahui atau banyak orang yang kenal (Almaida, 2020). minat beli adalah keinginan seseorang untuk membeli suatu produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen melalui media online (Adidarma, 2016). Pada proses pengambilan keputusan pembelian mengacu pada tindakan konsisten dan bijaksana yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen (lailiyah, 2020). Objek penelitian ini adalah Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu warga Indonesia yang pernah berbelanja di marketplace Tokopedia dari antara tahun 2019 sampai 2021 dan warga Indonesia yang mengetahui iklan Brand Ambassador Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah mengumpulkan kuesioner elektronik melalui media Google Forms. Jumlah sampel penelitian sebanyak 457 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM (Partial Least Squares - Structural Equation Model) dengan menggunakan SmartPLS 3.0 dan SPSS 25.0 untuk uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Ambassador BTS tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Tokopedia, Brand Awareness Tokopedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Tokopedia, Brand Ambassador BTS tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada pelanggan Tokopedia, Brand Awareness Tokopedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada pelanggan Tokopedia, dan minat beli pelanggan Tokopedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Tokopedia. Kata kunci : brand Ambassador, Brand Awareness, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador; Brand Awareness; Minat Beli; Keputusan Pembelian; Perilaku Konsumen; E-Commerce; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Business Ethics
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HI Business > Business - Success
H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:59
Last Modified: 15 Dec 2022 02:59
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item