Angle, Putri (2016) Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi dan Kualitas Pelayanan Student Information Center Terhadap Kepuasan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Putri Angle / 67120384 / Pembimbing: Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (742kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version Download (970kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version Download (955kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan merupakan suatu bentuk interaksi sosial guna untuk membantu orang lain. Student Information Center yang merupakan salah satu layanan jasa yang berfungsi untuk membantu memberikan informasi akademik serta membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam proses perkuliahan atau keluhan yang berkaitan dengan perkuliahan. Pelayanan jasa dapat dikatakan baik apabila dapat memahami keinginan serta melengkapi kebutuhan para mahasiswa. Staf dituntut untuk memiliki keterampilan baik dalam berkomunikasi maupun pelayanan. Oleh karena itu, keberhasilan komunikasi antar pribadi dan pelayanan jasa tersebut dapat dilihat dari kepuasan para pengguna layanan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi antar pribadi, kualitas pelayanan, dan kepuasan Mahasiswa. Komunikasi antar pribadi dapat berjalan efektif bila dilihat dari lima kualitas umum yaitu keterbukaan, empati, sikap positif, sikap mendukung, dan keseteraan. Kualitas pelayanan dapat diukur dengan melihat lima faktor yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Kepuasan mahasiswa dilihat berdasarkan sikap positif mahasiswa terhadap pelayanan lembaga pendidikan tinggi karena adanya kesesuaian antara harapan dari pelayanan dibandingkan dengan kenyataan yang diterimanya. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif . Survei adalah metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan program SPSS 20.0. Ada tiga variabel yang digunakan yaitu Komunikasi Antar Pribadi, Kualitas Jasa dan Kepuasan Mahasiswa. Penelitian ini memberikan hasil bahwa terdapat pengaruh antara Komunikasi Antar Pribadi dan Kualitas Jasa Student Information Center Terhadap Kepuasan Mahasiswa Insitut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Nilai prob. F hitung (sig.) 0,000 < 0,05. Hasil output uji t dilihat pada signifikannya untuk komunikasi antar pribadi yaitu 0,000 <0,05 dan signifikan kualitas pelayanan 0,001 < 0,05 Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Komunikasi Antar Pibadi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie sebesar 0,671 artinya sebesar 67,1% kepuasan mahasiswa diukur dari dimensi-dimensi yang ada pada variabel komunikasi antar pribadi dan kualtias pelayanan, sedangkan sisanya 32,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Antar Pribadi; Kualitas Pelayanan; Student Information Center; Layanan Jasa Perguruan Tinggi; Kepuasan Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 02:39 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 02:39 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3693 |
Actions (login required)
View Item |