Pengaruh Persepsi Pemberitaan GoJek Di Detik.com Terhadap Minat Menggunakan Jasa GoJek Di Kalangan Mahasiswa Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi / Priscilla Prima / 69100249 / Pembimbing : Wiratri Anindhita

Prima, Priscilla (2016) Pengaruh Persepsi Pemberitaan GoJek Di Detik.com Terhadap Minat Menggunakan Jasa GoJek Di Kalangan Mahasiswa Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi / Priscilla Prima / 69100249 / Pembimbing : Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version

Download (728kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version

Download (730kB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa media massa memiliki kemampuan untuk membangun pencitraan dalam benak masyarakat serta membentuk pendapat mereka. Media melalui isi pesan melaksanakan strategi pembingkaian, yang menyoroti aspek-aspek tertentu dan mengabaikan aspek-aspek lain. Kenyataan bahwa isi pesan media massa dapat mendorong munculnya minat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi sudah tidak dapat terbantahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana pengaruh akan penggunaan isi pesan media terhadap minat khalayak. Konsep yang digunakan untuk menyelesaikan masalah penelitian ini adalah isi pesan media dan minat, dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, atau yang biasa disebut Teori Stimulus Respon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif atas survei terhadap 132 responden mahasiswa/i Ilmu Komunikasi dari angkatan 2013-2015. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran kuesioner dengan pengambilan sampel non-probability sampling dan pendekatan sampel aksidental. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian tentang pengaruh pemberitaan gojek terhadap minat menggunakan di kalangan mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberitaan Gojek terhadap minat kognisi, minat emosi dan minat konasi mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie baik secara simultan maupun individual. Pemberitaan Gojek mempengaruhi minat sebesar 18.3%. Sedangkan secara individual, pemberitaan Gojek lebih mempengaruhi minat emosi mahasiswa yaitu sebesar 16,2%. Besar pengaruh pemberitaan Gojek terhadap minat kognisi dan minat konasi masing-masing adalah sebesar 7,3% dan 7,7%.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Teori S-O-R; Isi Berita; Minat; media massa; pencitraan; strategi pembingkaian; Teori Stimulus Respon; Transportasi; Online; GoJek; Detik(dot)com
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:47
Last Modified: 24 Jul 2023 04:47
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3731

Actions (login required)

View Item View Item