Analisis Pengaruh Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Smartphone merek Samsung / Danny Julius Wijaya / 25100025 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih

Wijaya, Danny Julius (2014) Analisis Pengaruh Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Smartphone merek Samsung / Danny Julius Wijaya / 25100025 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (931kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Saat ini di pasar banyak terdapat produk smartphone yang sangat beragam dengan berbagai macam mereknya. Hal ini membuat persaingan pada industri penjualan smartphone menjadi sangat ketat dan menjadi salah satu alasan bagi perusahaan untuk menciptakan smartphone dengan teknologi terkini yang dapat menarik minat konsumen. Untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, perusahaan perlu memperhatikan kepercayaan konsumen terhadap merek, karena dengan adanya kepercayaan terhadap merek maka akan muncul loyalitas konsumen Kepercayaan merek merupakan aset yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Kepercayaan merek merupakan faktor penentu dalam membentuk loyalitas merek. Merek dianggap lazim dan sempurna untuk menjadi objek loyal karena merupakan identitas produk perusahaan yang lebih mudah untuk dikenal konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara empirik pengaruh dari variabel brand trust yang meliputi reputasi merek (brand reputation), prediktabilitas merek (brand predictability), kompetensi merek (brand competence), dan kepercayaan pada perusahaan (trust in company) terhadap kesetiaan merek (brand loyalty). Merek yang diteliti adalah merek smartphone Samsung diambil dari para konsumen smartphone Samsung. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah analisis dari kuisioner yang disebarkan kepada 150 pengguna smartphone Samsung. Pengumpulan data dilakukan secara online. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis presentase, uji validitas, uji reliabilitas, skala likert, uji regresi sederhana, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan nilai sig. Sebesar 0.000 dan nilai koefisien beta sebesar 0,847. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsumen mempunyai kepercayaan merek (brand trust) yang kuat sehingga menciptakan kesetiaan merek (brand loyalty) karena itu upaya untuk meningkatkan loyalitas merek, perusahaan harus selalu memperhatikan dan mengonrtol brand trust yang berpengaruh dominan terhadap brand loyalty. Upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen, meningkatkan pelayanan dan kualitas, serta memberikan privilege kepada pelanggan yang loyal.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Brand Trust; Brand Loyalty; Telepon Selular; Konsumen Smartphone; merek Samsung
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:37
Last Modified: 31 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item