Sutanto, Ilona (2014) Persepsi Kualitas, Kepuasan dan Loyalitas sebagai Dampak Kesadaran akan Akreditasi terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Ilona Sutanto / 67100162 / Pembimbing : Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (738kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (659kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (530kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (748kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (976kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kesadaran akan akreditasi terhadap persepsi kualitas, kepuasan, dan loyalitas mahasiswa terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Akreditasi menjadi ukuran suatu kualitas dari mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Para mahasiswa menggunakan akreditasi sebagai indikator kualitas suatu program studi. Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional. Bagaimana dampak persepsi kualitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi akibat adanya akreditasi ? Selain itu bagaimana dampak kepuasan dan loyalitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi akibat adanya akreditasi?. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen model posttest-only control group design. Hasil penelitian menyatakan persepsi kualitas pada 30 variabel, sama pada kedua grup baik grup kontrol maupul grup eksperimen. Sedangkan grup eksperimen pada 6 variabel lebih rendah secara signifikan disbanding grup kontrol. Pada kepuasan berbeda satu variabel, sedangkan loyalitas tetap sama. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner berjumlah 210 kuesioner kepada 192 responden di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi .Analisis data menggunakan uji ANOVA dengan bantuan software SPSS 13.0. Penelitian ini menghasilkan suatu temuan bahwa akreditasi tidak menjadi pengingat untuk meningkatkan persepsi kualitas, kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Persepsi kualitas dan kepuasan terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi beberapa variabelnya berbeda secara signifikan, namun loyalitas mahasiswa tetap sama dan tidak berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan dalam promosi dan pemasaran Program Studi Ilmu Komunikasi, tidak perlu diungkapkan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki akreditasi B tetapi lebih baik diungkapkan sudah terakreditasi. Akreditasi B tidak menjadi selling point, yang dijadikan selling point dalam Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kualitasnya. Kata kunci: persepsi kualitas, kepuasan, loyalitas, posttest-only control group design
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kualitas; Kepuasan; Loyalitas; Pendidikan; posttest-only control group design; Akreditasi; Program Studi Ilmu Komunikasi; Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 02:54 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 02:54 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3874 |
Actions (login required)
View Item |