Persepsi Kualitas, Kepuasan dan Loyalitas sebagai Dampak Kesadaran akan Akreditasi terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Ilona Sutanto / 67100162 / Pembimbing : Bilson Simamora

Sutanto, Ilona (2014) Persepsi Kualitas, Kepuasan dan Loyalitas sebagai Dampak Kesadaran akan Akreditasi terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Ilona Sutanto / 67100162 / Pembimbing : Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (738kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (976kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kesadaran akan akreditasi terhadap persepsi kualitas, kepuasan, dan loyalitas mahasiswa terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Akreditasi menjadi ukuran suatu kualitas dari mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Para mahasiswa menggunakan akreditasi sebagai indikator kualitas suatu program studi. Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional. Bagaimana dampak persepsi kualitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi akibat adanya akreditasi ? Selain itu bagaimana dampak kepuasan dan loyalitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi akibat adanya akreditasi?. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen model posttest-only control group design. Hasil penelitian menyatakan persepsi kualitas pada 30 variabel, sama pada kedua grup baik grup kontrol maupul grup eksperimen. Sedangkan grup eksperimen pada 6 variabel lebih rendah secara signifikan disbanding grup kontrol. Pada kepuasan berbeda satu variabel, sedangkan loyalitas tetap sama. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner berjumlah 210 kuesioner kepada 192 responden di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi .Analisis data menggunakan uji ANOVA dengan bantuan software SPSS 13.0. Penelitian ini menghasilkan suatu temuan bahwa akreditasi tidak menjadi pengingat untuk meningkatkan persepsi kualitas, kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Persepsi kualitas dan kepuasan terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi beberapa variabelnya berbeda secara signifikan, namun loyalitas mahasiswa tetap sama dan tidak berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan dalam promosi dan pemasaran Program Studi Ilmu Komunikasi, tidak perlu diungkapkan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki akreditasi B tetapi lebih baik diungkapkan sudah terakreditasi. Akreditasi B tidak menjadi selling point, yang dijadikan selling point dalam Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kualitasnya. Kata kunci: persepsi kualitas, kepuasan, loyalitas, posttest-only control group design

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kualitas; Kepuasan; Loyalitas; Pendidikan; posttest-only control group design; Akreditasi; Program Studi Ilmu Komunikasi; Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:54
Last Modified: 15 Mar 2023 02:54
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item