Monica, Monica (2013) Perbedaan Kesenjangan Kepuasan Penonton dalam Menonton Program Acara The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia. / Monica / 67090096 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (918kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (884kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (701kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (679kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Perbedaan Kesenjangan Kepuasan Penonton Dalam Menonton Program Acara The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia. Penulis melihat bahwa program acara reality show saat ini semakin bertumbuh jumlahnya dan digemari masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari motif, kepuasan, dan kesenjangan kepuasan dalam menonton program acara The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia yang ditayangkan di Indosiar dan RCTI. Peneliti menggunakan teori uses and gratification dan excpectancy value. Teori – teori tersebut akan digunakan untuk mengetahui kesenjangan kepuasan antara menonton program acara X-Factor dan The Voice Indonesia. Kepuasan akan tercapai jika motif terpenuhi. Kesenjangan antara kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh akan menunjukkan perbedaan tingkat kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei komparatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner diberikan kepada masing-masing 100 orang penonton program acara The Voice Indonesia dan 100 orang penonton program acara X-Factor Indonesia. Masing-masing motif (variabel bebas) dan kepuasan (variabel terikat) penonton memiliki empat dimensi, yaitu: informasi, identitas pribadi, integritas dan interaksi sosial, serta hiburan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis persentase, rata-rata (mean), dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motif penonton program The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia. Sedangkan dalam kepuasan hasil yang didapat adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan penonton program The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia. Untuk tingkat kepuasan, hasil yang didapat adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam menonton program The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia. Kesimpulan penelitian ini adalah dari 100 orang yang menonton program The Voice Indonesia merasa puas menonton program tersebut. Begitu pula kesimpulan yang didapat dari 100 orang yang menonton program X-Factor Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari angka persentase kepuasan kedua acara tersebut yang lebih besar dari 100%. Namun ternyata tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kepuasan penonton dalam menonton program acara The Voice Indonesia dan X-Factor Indonesia.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program TV; Kepuasan Penonton; Acara Reality Show; kesenjangan kepuasan; The Voice Indonesia; X-Factor Indonesia; Indosiar; RCTI |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 09:37 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 09:37 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3915 |
Actions (login required)
View Item |