Suryawan, Matthew Tio Devin (2022) Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Merek, dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Layanan GoRide dari Gojek pada Masa Pandemi COVID-19 di Jakarta / Matthew Tio Devin Suryawan / 29180032 / Pembimbing : Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (533kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (673kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (601kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (419kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (438kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat pada masa sekarang ini sangat mendukung segala bisnis yang berbasis online, termasuk bisnis layanan transportasi online. Di sisi lain, adanya suatu permasalahan global berupa pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini menyebabkan mobilitas masyarakat menjadi dibatasi serta pelanggan menjadi lebih selektif dalam memilih layanan transportasi ojek online. Salah satu layanan transportasi ojek online di Indonesia adalah GoRide dari platform aplikasi Gojek. Sikap selektif pelanggan serta dibatasinya mobilitas masyarakat pada masa pandemi ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat karena banyaknya merek lain yang menyediakan layanan sejenis. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat tersebut, faktor-faktor seperti kualitas layanan, kepercayaan merek, dan iklan merupakan hal yang penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kepercayaan merek, dan iklan terhadap keputusan pembelian layanan GoRide dari Gojek pada masa pandemi COVID-19 di Jakarta. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah teori kualitas layanan, kepercayaan merek, iklan, dan keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, kualitas layanan, kepercayaan merek, dan iklan sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Objek penelitian ini adalah layanan GoRide. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik komunikasi dengan cara menyebarkan kuesioner secara elektronik melalui Google Forms kepada 192 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan pendekatan judgement sampling. Prosedur yang digunakan untuk pengujian model dan pengolahan data adalah model persamaan struktural (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan software WarpPLS 6.0 dan SBM SPSS Statistik 20. Hasil output data menunjukkan bahwa kualitas layanan, kepercayaan merek, dan iklan memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian berturut-turut sebesar 11%, 50%, dan 27%. Variabel kualitas layanan, kepercayaan merek, dan iklan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 61% dan 39% sisanya merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kepercayaan merek dan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan; Kepercayaan Merek; Iklan; Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; E-Commerce; Jasa Transportasi; Gojek; GoRide; Covid-19 |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 08:38 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 08:38 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4287 |
Actions (login required)
View Item |