Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Produksi, dan Kas Terhadap Penjualan pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020 / Oktaviana / 28189025 / Pembimbing: Tumpal Janji Raja Sitinjak

Oktaviana, Oktaviana (2022) Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Produksi, dan Kas Terhadap Penjualan pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020 / Oktaviana / 28189025 / Pembimbing: Tumpal Janji Raja Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (782kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (858kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan berlomba-lomba guna mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya dengan meningkatkan penjualan. Kegiatan promosi sangat penting bagi perusahaan besar maupun perusahaan kecil karena kegiatan promosi dapat menjangkau pasar. Terdapat dua tujuan promosi diantara-Nya untuk membangun hubungan dengan konsumen jangka pendek dan jangka panjang. Guna mencapai target produk perusahaan mengeluarkan sejumlah dana atau biaya yang digunakan untuk memproses produk hingga menjadi produk yang bisa langsung dijual. Kas merupakan aset yang digunakan dalam transaksi sehari-hari perusahaan, baik berupa uang tunai maupun tidak. Biaya promosi adalah kumpulan dana yang dikeluarkan perusahaan untuk aktivitas promosi dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan penjualan. Biaya produksi adalah biaya atau sumber daya yang dikeluarkan oleh perusahaan memproses suatu produk hingga produk siap untuk dijual. Kas adalah dana bebas yang tersedia di perusahaan guna membiayai kegiatan operasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan mengamati pencatatan oleh instansi yang diambil pada website www.idx.co.id dan www.idnfinancials.com. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini berupa biaya promosi, biaya produksi, dan kas sebagai variabel bebas dan penjualan sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda yang terdiri atas menentukan model persamaan regresi, estimasi persamaan regresi, uji asumsi klasik yang terbagi menjadi uji normalitas, uji otokorelasi, uji heteroskedastitas, uji multikolinearitas, uji kesesuaian model (Uji F), dan uji koefisien regresi parsial (Uji t). penelitian diuji menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menggunakan uji statistik t (α = 5%) memperoleh sig. (1-taled) variabel biaya promosi 0,134 > 0,05. sig. (1-taled) variabel biaya produksi 0,000 < 0,05. sig. (1-taled) variabel kas 0,0215>0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat cukup bukti bahwa biaya produksi dan kas berpengaruh terhadap penjualan, tidak terdapat cukup bukti bahwa biaya promosi berpengaruh positif terhadap penjualan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Biaya Promosi; Biaya Produksi; Kas; Penjualan; Teknik Obeservasi; Purposive Sampling; analisis deskriptif; analisis regresi linear berganda; Perusahaan Sektor Farmasi; Bursa Efek Indonesia; Periode 2015-2020
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Market Research
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:22
Last Modified: 21 Dec 2022 03:22
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item