Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Shopeefood di Kota Dki Jakarta) / Yanti Mulyani / 23170221 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih

Mulyani, Yanti (2022) Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Shopeefood di Kota Dki Jakarta) / Yanti Mulyani / 23170221 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (675kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (873kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang cepat pada saat ini memberikan dampak terhadap persaingan antar perusahaan yang semakin ketat serta sulit diprediksikan. Munculnya berbagai macam aplikasi food delivery pada saat ini memudahkan konsumen untuk mendapatkan makanan serta minuman tanpa harus datang langsung ke tempat penjualan makanan atau minuman yang di inginkan. Melihat minat belanja bahan pokok dan makanan lewat ecommerce yang semakin tinggi, Shopee pun kini menjadi pesaing Gojek dan Grab. Suatu hal yang penting bagi perusahaan food delivery diantaranya memiliki pelanggan yang loyal pada produk mereka. Sebab loyalitas pelanggan merupakan aset penting bagi perusahaan, dimana pelanggan yang telah menyatakan loyal akan suatu produk maka produk yang telah di nyatakan loyal tersebut akan menjadi yang utama dari pada produk yang lain. Atas hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, khususnya mengetahui pengaruh kualitas layanan dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan. Suatu hal yang penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki pelanggan yang loyal pada produk mereka. Pelanggan yang loyal akan memberikan pemasukan yang besar bagi perusahaan, sedangkan kehilangan pelanggan yang loyal maka akan menjadi suatu hal yang merugikan perusahaan. Komitmen yang diberikan konsumen pada produk tersebut membuat kelebihan yang diberikan pesaing tidak menjadi hal yang bisa merubah pendapatnya mengenai produk tersebut. Obyek pengamatan dalam penelitian ini adalah mengenai loyalitas pelanggan ShopeeFood di Kota DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran link google form kepada responden. Subyek penelitian ini adalah pelanggan ShopeeFood di Kota DKI Jakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh pelanggan ShopeeFood di Kota DKI Jakarta sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berisi 26 pertanyaan dengan Skala Likert 1 – 5 berdasarkan metode non probability sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 24.00. Hasil penelitian regresi berganda menunjukan bahwa variabel kualitas layanan dan promosi penjualan memperoleh nilai signifikan lebih kecil dari alpha dan koefisien beta bernilai positif, menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian untuk uji hipotesis secara simultan (uji F) memperoleh f hitung > f tabel serta signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga secara simultan kualitas layanan dan promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas layanan dan promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji F didapati secara simultan kualitas layanan dan promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Promosi Penjualan; Loyalitas Pelanggan; Perilaku Konsumen; E-Commerce; Market Place; Shopee; Shopeefood
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:43
Last Modified: 10 Jan 2023 03:43
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item