Rencana Bisnis Pendirian Usaha Kedai Core Coffee di Pasar Lama, Tangerang / Rigel Hans Winarta / 74180244 / Pembimbing Salam Fadillah Alzah

Winarta, Rigel Hans (2022) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Kedai Core Coffee di Pasar Lama, Tangerang / Rigel Hans Winarta / 74180244 / Pembimbing Salam Fadillah Alzah. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (661kB)
[img] Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version

Download (882kB)
[img] Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version

Download (747kB)
[img] Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Core Coffee merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Produk utama yang ditawarkan oleh Core Coffee merupakan minuman berbahan dasar kopi. Core Coffee memiliki visi yaitu ”menciptakan rasa kopi berkualitas yang tercipta dari biji kopi pilihan dan memiliki cita rasa yang khas serta menjadi salah satu penyedia kopi terbaik di Indonesia”. Misi dari Core Coffee adalah “menyediakan produk kopi dan makanan berkualitas dan unggul, mempertahankan cita rasa kopi yang khas, dan menyediakan pelayanan dan kenyamanan terbaik bagi para pelanggan”. Core Coffee memiliki 3 pesaing yaitu Janji Jiwa, Kopi Yor, dan Kopi Sejagat. Dengan menggunakan CPM, penulis menjadi tahu apa pengaruh besar sebuah keberhasilan dari Core Coffee. CPM Core Coffee memiliki 5 poin yaitu varian menu dengan nilai (0,20), Harga (0,19), Promosi (0,21), Pelayanan (0,20), dan lokasi strategis (0,20). Produk yang dihasilkan Core Coffee termasuk kedalam kelompok produk yang bersifat Nondurable Goods, karena produk yang ditawarkan merupakan produk makanan dan minuman yang hanya digunakan atau dikonsumsi sekali saja, dan Core Coffee termasuk klasifikasi Convinience Goods karena produk yang dijual merupakan produk yang dikonsumsi setiap hari yang berupa kebutuhan pokok masyarakat. Rencana operasi Core Coffee adalah melakukan analisis bisnis, survei lokasi, survei pemasok, menyewa lokasi usaha, melakukan renovasi tempat usaha, membeli perlengkapan dan peralatan usaha, membuat SOP dan Job Description, mengurus NPWP, SIUP atau NIB, membeli bahan baku, melakukan rekrutmen pegawai, melakukan pelatihan, dan melakukan promosi. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor maka dibutuhkan strategi pemasaran yang baik dalam menawarkan produk dari Core Coffee. Strategi yang digunakan yakni, melalui pemasaran langsung (direct marketing) berupa periklanan, endorsement, diskon, dan promosi penjualan. Dalam menjalankan usaha Core Coffee nantinya dioperasikan oleh 8 orang. Diantaranya adalah pemilik usaha, barista full time, dan barista part time. Seiring berjalannya usaha akan merencanakan penambahan tenaga kerja. Investasi awal yang dibutuhkan Core Coffee sebesar Rp. 269.099.500,- yang digunakan untuk membeli peralatan, perlengkapan, bahan baku, biaya pembuatan kontainer, kas awal, dan biaya sewa. Investasi awal ini didapatkan dari tabungan pemilik usaha. Kelayakan suatu bisnis merupakan hal yang perlu dipertimbangkan untuk menilai apakah bisnis tersebut layak atau tidak untuk diinvestasikan. Analisis kelayakan usaha yang digunakan yaitu payback period yang diperoleh selama 1 tahun 9 bulan 18 hari, net present value yang diperoleh dengan nilai positif Rp. 1.269.564.167,- profitability index 5,71 dan break even point yang diperoleh masing-masing tahun dalam periode 5 tahun didapatkan angka positif.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pendirian usaha; Coffee Shop; Core Coffee; Bahan Kopi; Usaha Minuman; 3 pesaing; Janji Jiwa; Kopi Yor; Kopi Sejagat
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business - Success
H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:23
Last Modified: 20 Mar 2023 07:23
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item