Cung, Friesca Gracia (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Shopee di Jabodetabek / Friesca Gracia Cung / 20190161 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (914kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (745kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (578kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (681kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (395kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Di era teknologi yang semakin berkembang pesat, marketplace menjadi pilihan alternative bagi masyarakat Indonesia dalam mencari dan membeli produk secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace ternama di Indonesia. Terlepas dari kepopuleran Shopee di Indonesia, Shopee memilihi beberapa permasalahan, diantaranya Shopee masih kalah unggul dibandingkan Tokopedia dalam hal pengunjung web bulanan tertinggi pada kuartal I 2022. Selain itu, Shopee masih memiliki banyak komentar negatif dan munculnya ketidakpuasan pelanggan yang berakibat kepada menurunnya niat beli ulang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan kepuasan pelanggan terhadap niat beli ulang pelanggan Shopee. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth, kepuasan pelanggan, dan niat beli ulang. Terdapat dua jenis variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu variable independen dan dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth dan kepuasan pelanggan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah niat beli ulang. Objek penelitian ini adalah marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Google Form kepada pelanggan yang pernah berbelanja online melalui Shopee minimal 2 (dua) kali dalam sebulan terakhir yang berdomisili di Jabodetabek dan berusia minimal 17 tahun sebanyak 116 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik judgment sampling. Prosedur pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Kesimpulan penelitian ini adalah electronic word of mouth terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang pelanggan Shopee, dimana electronic word of mouth ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap niat pelanggan Shopee untuk melakukan pembelian ulang dan kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang pada Shopee, dimana kepuasan pelanggan ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap niat pelanggan Shopee untuk melakukan pembelian ulang.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth; Kepuasan Pelanggan; Niat Beli Ulang; Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 27 May 2024 06:45 |
Last Modified: | 27 May 2024 06:45 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4951 |
Actions (login required)
View Item |