Hendrawan, Hendrawan (2023) Pengaruh Iklan Shopee pada Situs YouTube dan Gaya Hidup di Era Digital terhadap Minat Beli Ulang Toko Online Shopee di Jabodetabek / Hendrawan / 70190075 / Pembimbing: Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (671kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (756kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (985kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (520kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (630kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Saat ini kegiatan jual beli tidak hanya dilakukan secara tatap muka atau face to face, tetapi menggunakan teknologi digital yang memudahkan semua proses transaksi dan belanja barang atau produk. Tidak jarang para pelaku bisnis mengubah sistem pemasarannya dari sistem bisnis tradisional ke sistem bisnis modern. Dengan sistem pemasaran yang modern ini, menuntut para pelaku bisnis untuk lebih kreatif dan maju guna mendapatkan keunggulan kompetitif dari perusahaan lain. Pengunaan media sosial seperti YouTube sebagai media periklanan tentunya sangat membantu perusahaan untuk memahami kebutuhan konsumen. Sifat interaktif media sosial YouTube memungkinkan komunikasi dua arah antara produsen dan konsumen.Salah satu perusahaan yang aktif beriklan di media sosial YouTube adalah Shopee. Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang resmi diluncurkan pada tahun 2015. Shopee telah senantiasa mengajak para konsumennya untuk berbelanja online secara aktif dengan cara beriklan melalui media sosial YouTube. Salah satu iklan yang menarik cukup banyak perhatian adalah iklan Shopee 10.10 Band Festival. Melihat hal ini, maka peneliti tertarik untuk melakukan peneleitian dengan judul “Pengaruh Iklan Shopee Pada Situs YouTube Dan Gaya Hidup Di Era Digital Terhadap Minat Beli Ulang Di Toko Online Shopee”. Teori yang ada di dalam penelitian ini adalah iklan, gaya hidup dan minat beli ulang. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Yang termasuk dalam variabel independen adalah iklan dan gaya hidup. Sedangkan yang termasuk dalam variabel dependen adalah minat beli ulang. Objek penelitian ini adalah toko online Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form kepada 110 sampel konsumen toko online Shopee sebagai respondennya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling dengan teknik judgement sampling dengan kriteria konsumen yang pernah berbelanja dan melihat iklan Shopee di YouTube dalam satu bulan terakhir dan berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi). Berdasarkan uji yang telah dilakukan diperoleh koefisien regresi untuk variabel Iklan (X1) sebesar 0,640 dan Gaya Hidup (X2) sebesar 0,386. Hasil ini menunjukan bahwa variabel iklan memberikan pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan variabel gaya hidup. Penelitian ini menyimpulkan bahwa iklan dan gaya hidup terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan; Gaya Hidup; Minat Beli Ulang |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:41 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5040 |
Actions (login required)
View Item |