Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Makanan Online pada GrabFood Pasca Pandemi Covid-19 / Julius / 74190279 / Pembimbing: Morryessa Brandinie

Julius, Julius (2024) Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Makanan Online pada GrabFood Pasca Pandemi Covid-19 / Julius / 74190279 / Pembimbing: Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangatlah pesat. Kemajuan dan peningkatan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya pendukung lainnya membuat munculnya teknologi baru seperti internet. Kemajuan internet memunculkan aplikasi-aplikasi baru yang berbasis online. Salah satu contohnya adalah aplikasi layanan Online Food Delivery (OFD). GrabFood diluncurkan pada Mei 2016, sekitar satu tahun setelah GoFood diluncurkan. GrabFood dapat bersaing dengan berhasil merebut posisi pertama berdasarkan nilai transaksi bruto (Gross Merchant Value/GMV) selama tiga tahun terakhir, dari awal pandemi tahun 2020 hingga memasuki pasca-pandemi 2022. Menurut Kotler & Armstrong (2018:401), “Sales promotion are short-term incentives to encourage the purchase or sales of a product or service”. Dapat diartikan bahwa, promosi penjualan adalah insentif jangka pendek yang digunakan untuk mendorong pembelian atau penjualan dari produk atau jasa. Menurut Rambat Lupiyoadi dalam Indrasari (2019:63), service quality adalah seberapa jauh perbedaan antara harapan dan kenyataan para pelanggan atas pelayanan yang mereka terima. Menurut Zusrony (2021:48), Keputusan pembelian adalah suatu proses pengambilan keputusan akan pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak melakukan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah sebuah perusahaan yang menjual layanan/jasa berupa online food delivery (OFD) atau pesan-antar makanan online, GrabFood. Subjek penelitian ini adalah konsumen yang pernah bertransaksi menggunakan GrabFood pasca pandemi covid-19. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan menggunakan Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu promosi penjualan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini adalah 0.391 sehingga dapat diartikan bahwa, pengaruh promosi penjualan (X1) dan kualitas layanan (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 39.1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas layanan pun berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Peningkatan keputusan pembelian makanan online pada platform GrabFood pasca pandemi covid-19 dapat terjadi ketika program promosi penjualan yang diberikan GrabFood meningkat. Keputusan pembelian makanan online pada platform GrabFood pasca pandemi covid-19 akan meningkat ketika kualitas layanan yang diberikan GrabFood memuaskan dan melebihi ekspektasi dari konsumennya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan; Kualitas Layanan; Keputusan Pembelian; Makanan Online; GrabFood; Pasca Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:54
Last Modified: 13 Feb 2025 06:54
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item View Item