Kurniawan, Gerald Samuel (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia di DKI Jakarta / Gerald Samuel Kurniawan / 72190066 / Pembimbing: Bernadine. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (602kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (525kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (369kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (493kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan bukti dari pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap minat beli konsumen Tokopedia. Rating dan Review biasanya diberikan oleh konsumen setelah mereka selesai berbelanja dan sudah mencoba produk yang dibeli. Biasanya Rating diberikan dalam bentuk bintang dari satu hingga lima, sedangkan review berbentuk kalimat yang diberikan oleh konsumen mengenai pengalamannya terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas (Independen) yaitu, Online Customer Review dan Online Customer Rating, serta memiliki satu variabel terikat (Dependen) yaitu Minat Beli. Dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 100 orang responden yang berdomisili di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta pusat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan membagikan kuesioner online melalui google form dan teknik pengambilan sample yaitu purposive sampling. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic 26 dengan melakukan pengujian reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji validitas, dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari pengujian reliabilitas dan validitas menunjukkan bahwa setiap variabel yang akan diteliti pada penlitian ini valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik menghasilkan nilai yang sesuai. Pada uji t menghasilkan nilai sig variabel Online Customer Review sebesar 0,001 dan nilai koefisien sebesar 0,141, maka H1 diterima dan nilai sig variabel Online Customer Rating sebesar 0,000 dan nilai koefisien sebesar 0,346, maka H2 diterima. Kesimpulan yang di dapat oleh penulis dari penelitian ini adalah Online Customer Review memberikan pengaruh yang positif terhadap Minat Beli konsumen Tokopedia di DKI Jakarta dan Online Customer Rating juga memberikan pengaruh yang positif terhadap Minat Beli konsumen Tokopedia di DKI Jakarta.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review; Online Customer Rating; Minat Beli; Tokopedia |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:17 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |