Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di DKI Jakarta / Albert / 79200087 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak

Albert, Albert (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di DKI Jakarta / Albert / 79200087 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (979kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (988kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Seiring terjadinya kemajuan zaman, perkembangan teknologi dapat terjadi karena adanya inovasi dan kreativitas dari manusia, salah satunya dalam aspek ekonomi. Diketahui dari tingginya ketertarikan masyarakat dalam melakukan transaksi jual - beli secara online, hingga akhirnya muncul platform perdagangan elektronik atau yang sering disebut ecommerce. E-Commerce merupakan suatu kegiatan yang melibatkan dua pihak antara penjual dan pembeli secara tidak langsung sehingga terjadi transaksi dan dilakukan dengan menggunakan media elektronik yang dilengkapi dengan internet sehingga menjadi praktis dan mudah. Shopee merupakan marketplace dengan kunjungan terbanyak di Indonesia pada bulan Januari – September 2023. Shopee menawarkan berbagai produk untuk melengkapi kebutuhan manusia seperti perabotan rumah tangga, pakaian, sepatu, dan sebagainya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kualitas produk, promosi, dan keputusan pembelian. Terdapat dua jenis variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu variabel independent dan variabel dependen. Variabel independent terdiri dari kualitas produk dan promosi, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Objek penelitian ini adalah produk di Shopee dan subjek penelitian ini yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di Shopee lebih dari satu kali dalam tiga bulan terakhir dan berlokasi di DKI Jakarta. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi komunikasi dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form yang disebarkan di sosial media. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 125. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM Statistic SPSS 25. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di DKI Jakarta, sedangkan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di DKI Jakarta. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk tidak terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di DKI Jakarta, sedangkan promosi terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di DKI Jakarta. Bedasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar Shopee selalu melakukan pengecekan setiap toko yang bekerjasama dengan Shopee agar kualitas produk dapat tetap terjaga dengan baik dan meningkatkan promosi agar konsumen menjadi tertarik untuk melakukan pembelian suatu produk di Shopee.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk; Promosi; Keputusan Pembelian; Marketplace; Shopee
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:16
Last Modified: 23 Jun 2025 07:16
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item View Item