Sutiono, Jeremy (2024) Pengaruh Customer Relationship Management dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Bluebird di DKI Jakarta / Jeremy Sutiono / 78200099 / Pembimbing: Liaw Bun Fa. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (593kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (743kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (523kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (610kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (365kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (505kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Bluebird merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di dalam industri transportasi terbesar di Indonesia. Bluebird sendiri telah hadir di dalam lingkungan masyarakat Indonesia lebih dari lima puluh tahun dan telah mengikuti perkembangan jaman seperti beradaptasi dengan teknologi dan mampu mengenali apa yang pelanggan butuhkan, dan dikarenakan hadirnya Bluebird dengan pelayanan yang prima membuat eksistensi merek Bluebird menjadi bagus di dalam penggambaranya di mata publik. Selain itu upaya Bluebird dalam aktivitas menjaga hubungan pelanggan juga merupakan suatu hal yang penting. Dengan adanya citra merek Bluebird yang sudah bagus dan upaya aktivitas menjaga hubungan dengan pelanggan akan membuat kenaikan dalam loyalitas di dalam komunitas sesuai dengan tujuan perusahaan. Penelitian ini berlandaskan teori kepada tiga variabel yang digunakan yakni customer relationship management, brand image, dan loyalitas pelanggan serta penelitian ini memberikan hipotesis awal yang diuji yang terdiri dari hipotesis pertama mengenai pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan Bluebird di DKI Jakarta secara positif dan signifikan serta hipotesis kedua mengenai pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan Bluebird di DKI Jakarta secara positif dan signifikan. Objek yang digunakan di dalam penelitian adalah Bluebird dan responden yang dibutuhkan di dalam penelitian ini adalah para responden yang berdomisili di DKI Jakarta dan menggunakan Bluebird setidaknya dua kali dimulai pada tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier ganda, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis. Alat bantu yang digunakan di dalam penelitian ini adalah SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 27.0 Penelitian ini membawakan hasil bahwa baik customer relationship management dan brand image memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Bluebird di DKI Jakarta yang didasari oleh uji statistik t, selain itu pengaruh dari variabel customer relationship management dan brand image mempengaruhi sebesar 75.9% sementara 24.1% lainya dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian, berdasarkan pada hasil uji koefisiensi determinasi. kesimpulan di dalam penelitian ini adalah bahwa customer relationship management berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Bluebird di DKI Jakarta. Brand image juga memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Bluebird di DKI Jakarta. Saran yang diberikan adalah untuk perusahaan meningkatkan customer relationship management serta brand image untuk membentuk loyalitas pelanggan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management; Brand Image; Loyaliyas Pelanggan; Transportasi; Taksi Blue Bird |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Technopreneurship H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:59 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:59 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |