Xzyfanequo, Syanne Emmanuella (2024) Aspek-Aspek Giveaway yang Mempengaruhi Niat Beli Konsumen Minuman Menantea Melalui Daya Tarik / Syanne Emmanuella Xzyfanequo / 21200003 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (990kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (527kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (756kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Menantea menggunakan sales promotion non-monetary, dengan format giveaway, sebagai bagian dari strategi pemasaran. Belum diketahui apakah giveaway berpengaruh pada penjualan. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui apakah giveaway berpengaruh terhadap niat beli konsumen sebagai indikator penjualan. Apabila giveaway berpengaruh terhadap niat beli, giveaway berpengaruh terhadap penjualan. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM) sebagai teori dasar. Teori lain yang digunakan adalah teori sales promotion dan niat beli. Objek adalah konsumen dengan usia minimal 15 tahun ke atas yang pernah melihat atau mengikuti Giveaway Menantea, mayoritas usia 21-25 tahun dan mahasiswa sebagai kelompok utama. Desain penelitian menggunakan studi formal dengan metode pengumpulan data studi komunikasi melalui kuesioner online. Penelitian ini menggunakan studi descriptive dengan dimensi waktu studi cross-sectional, dan lingkungan penelitian dilakukan dalam kondisi lapangan (field conditions). Variabel penelitian melibatkan aspek- aspek Giveaway, daya tarik, dan niat beli. Analisis data dilakukan menggunakan WarpPLS 8.0 dan SPSS 25 dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model). Validitas diverifikasi mencakup verifikasi validitas konten dan struktur internal konstruk. Penelitian menunjukkan aspek ketidakpastian tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap daya tarik Giveaway. Aspek Giveaway yang berpengaruh terhadap daya tarik Giveaway adalah nilai hadiah, kesesuaian dengan kebutuhan, dan syarat memperoleh. Selain itu, daya tarik Giveaway berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli minuman Menantea. Disarankan bagi Menantea untuk terus memberikan hadiah bernilai, kongruen, dan mudah diperoleh agar dapat meningkatkan daya tarik dan niat beli konsumen. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi aspek kepastian dalam konteks Giveaway untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Giveaway; Daya Tarik; Niat Beli; Minuman Menantea; Nilai Hadiah; Kesesuaian Dengan Kebutuhan; Syarat Memperoleh; Ketidakpastian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |