Caroline, Vanessa (2024) Dimensi-Dimensi Live Streaming yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Skintific Melalui Kepercayaan Konsumen / Vanessa Caroline / 20200176 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (859kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (685kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (740kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (803kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (487kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (524kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Skintific adalah skincare asal China yang sukses di Indonesia dengan peningkatan penjualan yang signifikan. Banyaknya konsumen yang membeli produk Skintific menyebabkan peningkatan penjualan ini. Dalam mempromosikan produknya, Skintific menggunakan teknik pemasaran live streaming secara intensif, namun belum diketahui apakah live streaming menjadi salah satu faktor yang mendorong konsumen untuk membeli produk Skintific. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti dimensi- dimensi live streaming yang mempengaruhi niat beli produk Skintific melalui kepercayaan konsumen. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori S-O-R. Teori ini menyatakan dalam stimulus lingkungan, termasuk lingkungan elektronik (e-atmosphere), berpengaruh pada perilaku konsumen. Dalam penelitian ini, yang menjadi lingkungan adalah lingkungan live streaming, yang dijelaskan dengan teori live streaming, streamer’s credibility, media richness, dan interactivity. Teori lain yang digunakan adalah teori transfer kepercayaan dan the Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan dari 226 responden, yang direkrut dengan non-probability sampling menggunakan pendekatan judgment sampling. Data dianalisis dengan structural equation modelling (SEM) dengan bantuan WarpPLS 7.0. Penelitian menemukan bahwa streamer’s credibility dan interactivity berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli, sementara media richness mempengaruhi pembentukan kepercayaan konsumen. Kepercayaan konsumen tidak berpengaruh pada niat beli. Peneliti menyarankan Skintific dalam praktik live streaming-nya memberikan informasi secara berkala melalui host yang memiliki persona kredibel, serta meningkatkan interactivity antar audiens dengan host dan dengan audiens lain. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti signifikansi live streaming dalam pembentukan kepercayaan konsumen dan niat beli produk lain, seperti pakaian dan kosmetik.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Live Streaming; Niat Beli; Kepercayaan Konsumen, Skintific; Skincare |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:10 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:10 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |