Calvino Montella, Calvino Montella (2024) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Fashion Online LOOKISM di Jl Angke Jaya XIV,Jakarta Barat / Calvino Montella / 74200017 / Pembimbing: Hisar Sirait. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (675kB) |
|
|
Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (465kB) |
|
|
Text
BAB III - ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (858kB) |
|
|
Text
BAB IV - ANALISIS PASAR DAN PEMASARAAN.pdf - Published Version Download (862kB) |
|
|
Text
BAB V - RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI - RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (694kB) |
|
|
Text
BAB VII - RENCANA KEUANGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VIII - ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
|
Text
BAB IX - RINGKASAN EKSEKUTIF DAN REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (589kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
|
Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version Download (574kB) |
Abstract
LOOKISM merupakan bisnis yang bergerak di bidang industri fashion yang menyajikan pakaian oversize dengan berbagai desain yang simple, unik, dan eksklusif. Bisnis ini dijalankan secara online melalui aplikasi marketplace atau media sosial. Lokasi usaha LOOKISM terletak di Jl. Angke Jaya XIV, Jakarta Barat. LOOKISM memiliki visi yaitu “Menjadi perusahaan clothing yang dapat menciptakan produk fashion dengan standar kualitas internasional dan memiliki merek yang terdaftar pada majalah forbes pada kategori fashion”, dan memiliki misi untuk mendukung pencapaian visi, antara lain : Menawarkan produk yang selalu update to date dengan kualitas premium dan desain yang menarik sesuai target pasar, Memprioritaskan kepuasan konsumen dengan memberikan service terbaik sehingga membekas pada benak konsumen dan Menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. Bisnis LOOKISM termasuk dalam pasar persaingan sempurna yang dimana memiliki pesaing potensial yang menjual produk serupa dan dijadikan sebagai tolak ukur untuk dapat melihat keunggulan dan kelemahan bisnis seperti DOODS, OOTD Supply, dan Nomad Studio Target Pasar Bowl adalah seluruh indonesia, laki-laki atau perempuan, kalangan remaja hingga dewa (usia 15-40 tahun), penyuka konsep pakaian oversize dengan desain yang sederhana tapi eksklusif, mengutamakan pakaian dengan bahan nyaman dan harga yang terjangkau. Untuk dapat menghadapi persaingan pada bisnis tersebut, LOOKISM telah melakukan penyusunan rencana strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan seperti advertising, sales promotion, live streaming, dan memberikan promo dan kupon pembelian berikutnya. Sumber daya manusia yang dibutuhkan LOOKISM berjumlah enam (6) orang yang terdiri dari 1 manajer, 2 staff administrasi, 2 staff produksi, dan 1 staff marketing. Kebutuhan investasi awal LOOKISM adalah sebesar Rp 224.848.808. Dana tersebut digunakan untuk sebagai modal awal untuk pembangunan usaha LOOKISM seperti kas awal, biaya perlengkapan dan peralatan, biaya tenaga kerja, biaya sewa tempat usaha, biaya renovasi, biaya bahan baku, dan hak paten merek Dalam perhitungan analisis kelayakan usaha, LOOKISM memiliki prospek yang positif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis keuangan yang menunjukan bahwa Payback Period dalam waktu 2 Tahun 9 Bulan 29 Hari, Net Present Value mendapat hasil positif sebesar Rp 247.146.843, hasil Profitability Index sebesar 2,10 dan hasil Break Even Point yaitu hasil penjualan pertahun lebih besar dari nilai Break Even Point. Hasil analisis kelayakan bisnis tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha LOOKISM layak untuk dijalankan. Kata Kunci : LOOKISM, Fashion Oversize, Strategi Pemasaran
| Item Type: | Other |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | LOOKISM, Fashion Oversize, Strategi Pemasaran |
| Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Business Ethics H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success |
| Depositing User: | Rijal Zaenal Abidin |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 04:14 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 04:14 |
| URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
