Lolong, Louis Fhasa (2017) Komodifikasi Media Pada Acara Hut NET Mediatama (NET 4.0) / Louis Fhasa Lolong / 64110204 / Pembimbing : Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (535kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (639kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (522kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (634kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN IRIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (721kB) |
Abstract
Dalam mencari keuntungan, beberapa perusahaan televisi berlomba-lomba menyajikan program-program acara yang mampu menarik perhatian audiens. Ulang tahun dari stasiun televisi menjadi ajang bagi mereka untuk menunjukkan kualitas hiburan yang diproduksi. NET TV sebagai stasiun televisi yang masih sangat muda menyajikannya dengan kemasan yang berbeda. Artis nasional maupun internasional serta penghargaan ditampilkan dalam satu kemasan acara hari ulang tahun. Semua hal tersebut tidak lain merupakan sebuah komoditas yang dijadikan sebagai nilai jual untuk mencari keuntungan. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori ekonomi politik media yang dikemukakan oleh Vincent Mosco. Terdapat tiga konsep dalam teori ini, yaitu komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan kerangka konsep komodifikasi, baik itu komodifikasi isi, khalayak, dan pekerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang memungkinkan peneliti untuk dapat menemukan berbagai bentuk komodifikasi yang membahas komodifikasi konten, khalayak, dan pekerja. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa konten program yang ditayangkan dikomodifikasikan dalam bentuk line up dimana para pengisi acara menjadi komoditas yang dapat diperjualbelikan untuk mendapat keuntungan. Selain itu, voters dan para tamu undangan yang hadir tidak sembarangan, menjadikan ulang tahun NET. sebagai acara yang ditunggu-tunggu. Komodifikasi pekerja pun terlihat dalam hal produksi yang melibatkan para pekerja media baik di belakang panggung maupun diatas panggung. Jadi, komodifikasi yang dilakukan oleh NET TV, jika dilihat dari segi komodifikasi konten, khalayak, dan pekerja, dilakukan karena ada kepentingan bisnis di dalamnya. Dimana NET TV mencoba untuk menarik perhatian para penontonnya demi menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Broadcasting; Stasiun Televisi; NET TV; Ekonomi Politik Media, Komodifikasi Konten |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production H Social Sciences > HE Communications Science > Political Communcation H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 01:37 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 01:37 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1765 |
Actions (login required)
View Item |