Wijaya, Terry (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penonton di Bioskop Flix Cinema PIK Avenue Mall Jakarta / Terry Wijaya / 62100314 / Pembimbing : Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (960kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (611kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (499kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (423kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (395kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pada perkembangan zaman saat ini, industri perfilman mengalami kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan yang terjadi terlihat pada sarana yang dipergunakan, yaitu bioskop. Awal mula kehadiran bioskop hanya berbentuk format seluloid dengan berbagai keterbatasan yang ada, hingga pada saat ini tren penggunaan format digital mendominasi di ranah industri perfilman. Salah satu bioskop modern yang muncul dan siap bersaing di industri bisnis perfilman saat ini adalah Flix Cinema. Kualitas layanan Flix Cinema memegang peranan penting di dalam persaingan pemasaran. Kualitas layanan dianggap mampu memberikan nilai jual terhadap suatu citra merek perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besaran pengaruh kualitas layanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan di Flix Cinema PIK Avenue Mall Jakarta. Penelitian ini membahas ruang lingkup komunikasi di bidang pemasaran dengan menggunakan salah satu dari alat komunikasi pemasaran terpadu yaitu pelayanan pelanggan. Peneliti membahas mengenai kualitas layanan yang dikaitkan dengan model SERVQUAL yang terdiri dari lima dimensi yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Kelima dimensi inilah yang digunakan oleh peneliti sebagai dimensi penelitian. Sedangkan kepuasan pelanggan dikaitkan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu terdiri dari lima dimensi yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, serta ketepatan dan kesesuaian pernyataan. Objek penelitian yang diteliti pada penulisan skripsi ini adalah pengunjung bioskop Flix Cinema yang sudah menonton di bioskop tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif melalui survei eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Berdasarkan pengumpulan data yang telah diolah, hasil yang diperoleh yaitu adanya pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Flix Cinema PIK Avenue Mall Jakarta sebesar 70,3%. Selain itu, peneliti juga mendapatkan hasil bahwa salah satu dimensi dari variabel kualitas layanan yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan di Flix Cinema PIK Avenue Mall Jakarta adalah dimensi tangibles sebesar 54,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas layanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan di Flix Cinema PIK Avenue Mall Jakarta secara signifikan. Hal tersebut dapat diketahui melalui hasil f hitung variabel (X) kualitas layanan sebesar 65,098 > f tabel 3,938. Selain itu, dimensi tangibles merupakan dimensi dari variabel (X) kualitas layanan yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel (Y) kepuasan pelanggan di Flix Cinema PIK Avenue Mall Jakarta. Hal tersebut dapat diketahui melalui hasil uji t dimensi tangibles dengan hasil sebesar 54,4%.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Komunikasi; Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 01:59 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1779 |
Actions (login required)
View Item |