Paskah, Eric (2016) Perbedaan Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Qlue (Survei Komparatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi dan Teknik Informatika Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Tahun Ajaran 2015) / Eric Paskah / 65110328 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (553kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version Download (824kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version Download (845kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab V.pdf - Published Version Download (531kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (560kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Resume)
resume.pdf - Published Version Download (804kB) |
Abstract
Pesatnya pertumbuhan Smartphone memberikan dampak pada kota-kota besar, seperti Jakarta. Tepat pada tahun 2014, pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan sebuah aplikasi bernama Qlue. Seperti yang sudah umum diketahui oleh warga Jakarta, bahwa pelaksanaan program dan tanggung jawab pemerintah kota Jakarta belum merata dan terbilang minim respon. Aturan birokrasi yang sulit di pemerintahan kota Jakarta justru menghambat program dan proses penyelesaian masalah. Adapun aplikasi Qlue bertujuan untuk mewujudkan Jakarta modern dan inovatif yang mampu mengelola sumber daya kotanya secara efektif, efisien dan berkelanjutan. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan ini dalam sebuah penelitian berjudul “Perbedaan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Qlue (Survei Komparatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi dan Teknik Informatika Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Tahun Ajaran 2015”. Penelitian ini menggunakan Uses and Gratification dan Expectancy Value. Teori-teori tersebut akan digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan penggunaan aplikasi Qlue. Kepuasan yang dicari dan diperoleh akan menunjukkan perbedaan hasil rata-rata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif survei komparatif. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner, dengan sampel berjumlah 87 orang pengguna aplikasi Qlue. Peneliti menjelaskan perbedaan tingkat kepuasan penggunaan aplikasi Qlue kepada mahasiswa-mahasiswi ilmu komunikasi, sistem informasi dan teknik informatika institut bisnis dan informatika Kwik Kian Gie sebagai variabel yang diteliti. Motif (variabel bebas/X1) dan kepuasan (variabel bebas/X2) pengguna dimana masing-masing memiliki empat dimensi, yaitu: informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis presentase, rata-rata, uji t satu sampel dan anova). Berdasarkan data yang telah dianalisis, diperoleh rata-rata motif penggunaan aplikasi Qlue sebesar 3,680 dan simpangan baku 0,406. Maka didapatkan t hitung sebesar 6,424 yang berarti bahwa Motif Penggunaan Aplikasi Qlue pada mahasiswa terbukti tinggi. Sedangkan, rata-rata kepuasan penggunaan aplikasi Qlue sebesar 3,733 dan simpangan baku 0,365. Maka didapatkan t hitung 8,495 dan dapat disimpulkan bahwa Kepuasan Penggunaan Aplikasi Qlue pada mahasiswa terbukti tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motif dan kepuasan penggunaan aplikasi Qlue pada mahasiswa relatif tinggi. Terlihat bahwa rata-rata kepuasan tertinggi dicapai oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (3,791), disusul kemudian oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (3,718) dan terendah dicapai oleh mahasiswa Jurusan Sistem Informatika (3,712). Perbedaan tersebut tampak tidak terlalu jauh dan tidak signifikan, yang diperkuat oleh hasil uji statistik dimana diperoleh hasil nilai F hitung sebesar 0,288 yang jauh lebih kecil dari nilai F tabel sebesar 3,105. Hal ini menunjukkan diterimanya H0 dan ditolaknya H1, artinya adalah tidak terdapat perbedaan kepuasan yang signifikan dalam penggunaan Aplikasi Qlue pada tiga jurusan yang diteliti.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen; Komunikasi Digital; Interaksi Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 07:37 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 07:37 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2438 |
Actions (login required)
View Item |