Munir, Mikael Pramulia Wahyudi (2014) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Jasa Fotocopy Bernama Toko Graha Media Copy di Kota Padang, Sumatera Barat / Mikael Pramulia Wahyudi Munir / 23100579 / Pembimbing : Leonardus Saiman. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (974kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Usaha yang akan dijalankan adalah jasa fotocopy yang diberi nama Toko Graha Media Copy. Lokasi unit usaha ini terletak di Kota Padang, Sumatera Barat yang beralamat di Jalan Dr. Hatta No 60, Padang, Sumatera Barat. Usaha Toko Graha Media Copy ini akan dibentuk sebagai usaha perseorangan. Toko Graha Media Copy ini akan mulai beroprasi pada awal Januari 2015. Pendirian usaha jasa fotocopy ini sengaja mengambil lokasi di Jalan Dr. Hatta No 60, Padang, Sumatera Barat karena lokasi dan harga yang strategis. Di sekitar lokasi jasa fotocopy ini terdapat sekolah SMA 1 Muhammadiyah, Padang, Sumatera Barat dan Universitas Andalas. Sasaran utama dari Toko Graha Media Copy ini adalah pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen. Bahkan tidak menutup kemungkinan karyawan kantoran dapat menjadi sasaran utama dari Toko Graha Media Copy ini. Toko Graha Media Copy lebih mengutamakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen yang diberikan oleh Toko Graha Media Copy adalah melalui kualitas produk yang baik, pelayanan yang baik oleh para karyawan Toko Graha Media Copy dan pemilik. Toko Graha Media Copy adalah sebuah usaha bisnis jasa yang bergerak di bidang jasa fotocopy, penjilidan, laminating, dan penjualan alat tulis kantor (atk). Segmentasi demografis dari Toko Graha Media Copy ini adalah yang pekerjaannya pelajar dan mahasiswa sedangkan pendidikannya dari sekolah dasar sampai dengan sarjana. Ini tidak menutup kemungkinan Toko Graha Media Copy bagi pegawai, guru, dosen, dan karyawan untuk menjadi konsumen Toko Graha Media Copy ini. Modal yang akan digunakan pemilik untuk mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp 500.000.000,00. Dana ini akan digunakan oleh pemilik toko untuk menyewa toko sebesar Rp 26.000.000,00 (5,2 %), pembelian peralatan Rp 200.472.500,00 ( 40,09%), pembelian perlengkapan Rp 76.193.700,00 (15,24%), gaji pegawai Rp 23.650.000,00 (4,73%), pembelian sepeda motor Rp 16.740.000,00 (3,35%) dan kas sebesar Rp 167.873.800,00 ( 33,57%). Proyeksi penjualan dari pendapatan jasa fotocopy, penjilidan, laminating dan penjualan alat tulis kantor (atk) untuk tahun 2015 adalah sebesar Rp 450.622.931,- dengan total biaya Rp 207.123.907,- , maka didapatkan laba bersih setelah pajak pada tahun 2015 adalah sebesar Rp 215.619.170,-. Proyeksi penjualan dari pendapatan jasa fotocopy, penjilidan, laminating dan penjualan alat tulis kantor (atk) untuk tahun 2016 adalah sebesar Rp 505.754.881,- dengan total biaya Rp 211.681.512,- , maka didapatkan laba bersih setelah pajak pada tahun 2016 adalah sebesar Rp 258.607.304,-. Proyeksi penjualan dari pendapatan jasa fotocopy, penjilidan, laminating dan penjualan alat tulis kantor (atk) untuk tahun 2017 adalah sebesar Rp 570.335.629,- dengan total biaya Rp 231.849.273,- , maka didapatkan laba bersih setelah pajak pada tahun 2017 adalah sebesar Rp 294.939.767,-. Proyeksi penjualan dari pendapatan jasa fotocopy, penjilidan, laminating dan penjualan alat tulis kantor (atk) untuk tahun 2018 adalah sebesar Rp 642.158.043,- dengan total biaya Rp 253.544.127,- , maka didapatkan laba bersih setelah pajak pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 332.535.437,-. Proyeksi penjualan dari pendapatan jasa fotocopy, penjilidan, laminating dan penjualan alat tulis kantor (atk) untuk tahun 2019 adalah sebesar Rp 723.196.730,- dengan total biaya Rp 277.392.321,- , maka didapatkan laba bersih setelah pajak pada tahun 2019 adalah sebesar Rp 375.428.307 ,-. Berdasarkan perhitungan Net Present Value (NPV) maka Toko Graha Media Copy layak untuk didirikan. Berdasarkan analisis Profability Indeks (PI) didapatkan nilai sebesar 2,5827 yang berarti usaha layak didirikan. Kemudian dari hasil perhitungan Payback Period (PP) dikatakan bahwa pengembalian modal didapat pada 1 tahun 11 bulan dan 13 hari. Perhitungan Internal Rate of Return (IRR) dikatakan bahwa tingkat pengembalian yang didapatkan adalah sebesar 49,04% dimana hal tersebut lebih besar daripada tingkat suku bunga kredit. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kewirausahaan; Usaha Fotocopy; Kepuasan Konsumen; Jasa; Penjilidan; Laminating; Alat Tulis Kantor (ATK) |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:52 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:52 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3133 |
Actions (login required)
View Item |