Hubungan antara Perilaku Adaptasi dengan Penggunaan Internet (Survei di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie) / Nancy Koestomo / 64100714 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Koestomo, Nancy (2014) Hubungan antara Perilaku Adaptasi dengan Penggunaan Internet (Survei di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie) / Nancy Koestomo / 64100714 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (983kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (857kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (964kB)

Abstract

Pada saat ini, pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, demi menuntut ilmu tidak sedikit orang bersedia untuk hijrah ke luar kota atau bahkan luar negeri untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Akan tetapi ditengah-tengah perjalanan mereka menghadapi lingkungan dan orang baru, tidak sedikit yang mengalami kesulitan beradaptasi. Salah satu cara yang dapat membantu mereka beradaptasi adalah dengan memanfaatkan internet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perilaku beradaptasi dengan penggunaan internet. Penelitian ini menggunakan kombinasi antara teori Adaptasi Budaya dan Uses and Gratifications untuk melihat hubungan antara adaptasi dan penggunaan internet yang dilakukan oleh mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie program studi ilmu komunikasi angkatan 2010-2013. Teori adaptasi budaya memberikan penjelasan tentang perilaku individu dalam beradaptasi didalam suatu kebudayaan yang berbeda sedangkan teori Uses and Gratifications memberikan penjelasan tentang perilaku media yang dilakukan oleh individu melalui motif-motif tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey eksplanatif . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 138 responden. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dan mahasiswi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2010-2013 yang masih aktif. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah skala likert, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara perilaku adaptasi dengan penggunaan internet. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji korelasi Product Moment Pearson yaitu sebesar 0,025 untuk perilaku adaptasi dengan tingkat penggunaan internet dan 0,002 untuk perilaku adaptasi dengan motif penggunaan internet. Hasil penelitian menujukan pula bahwa terdapat sebuah hubungan yang lemah dan negatif antara perilaku adaptasi dengan tingkat dan motif penggunaan internet. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa terdapat sebuah hubungan yang berarti, lemah dan bersifat negatif antara perilaku adaptasi dengan tingkat dan motif penggunaan internet, yang artinya jika perilaku adaptasi tinggi maka tingkat dan motif penggunaan internet akan menurun atau jika perilaku adaptasi rendah maka tingkat dan motif penggunaan internet akan meningkat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Perilaku Adaptasi; Penggunaan Internet; Adaptasi Budaya; Uses and Gratification; Metode survey eksplanatif
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:55
Last Modified: 20 Jul 2022 03:55
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item