Angelica, Alicia (2021) Pola Komunikasi Organisasi Atasan Dan Bawahan Pada PT. Aplikasi Inovasi Bangsa – DOTX (Digital OnBoarding Tools) Di Era WFH (Work From Home) / Alicia Angelica / 67170324 / Pembimbing: Pauline Hassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (786kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan suatu proses interaksi antar sesama individu baik dengan menggunakan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Suatu organsiasi membutuhkan sebuah komunikasi untuk dapat berinteraksi. Komunikasi bersifat informatif. Komunikasi organisasi merupakan komunikasi yang tercipta antara anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi, enactment (penerimaan informasi), selection (metode penyeleksian informasi), dan retention (penyimpanan informasi) dalam PT. Aplikasi Inovasi Bangsa – DOTX (Digital OnBoarding Tools) selama masa Work From Home. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Informasi Organisasi – Karl Weick. Teori ini memiliki tiga elemen dari pemikiran sosio-kultural yaitu enactment, selection, dan retention. Enactment merupakan proses penerimaan informasi dari internal dan external suatu organisasi, selection merupakan metode untuk memproses penyeleksian informasi yang datang ke sebuah organisasi, sedangkan retention merupakan penyimpanan informasi yang telah masuk ke dalam suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. PT. Aplikasi Inovasi Bangsa – DOTX (Digital OnBoarding Tools) dan era Work From Home merupakan bahan penelitian ini. Peneliti melakukan pengumpulan data primer dengan melakukan teknik wawancara dengan narasumber. Sedangkan data sekunder dengan literasi buku, jurnal, dan rujukan elektronik. Penelitian ini menemukan bahwa pola komunikasi yang dipakai oleh PT. Aplikasi Inovasi Bangsa – DOTX (Digital OnBoarding Tools) adalah pola komunikasi segala arah (all channel), karena seluruh anggota organisasi mendapatkan feedback. Enactment dimana karyawan berhasil membuang pola pikir dan sikap dari perusahaan lama dan menerima informasi dari perusahaan baru (penerimaan informasi). Selection metode yang digunakan untuk menyeleksi informasi menggunakan aplikasi Zoom dan Whatsapp Group untuk rapat dan menerima serta menyalurkan informasi, gagasan serta ide-ide, proses penyeleksian informasi dilakukan berdasarkan musyawarah bersama. Retention penyimpanan informasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan arsip Google Doc serta adanya copy writing yang selalu mencatat informasi yang penting. Selama masa Work From Home, PT. Aplikasi Inovasi Bangsa – DOTX (Digital OnBoarding Tools) komunikasi organisasi pada perusahaan berjalan dengan baik, walaupun ada hambatan-hambatan seperti terhambatnya saluran internet. Tetapi pola komunikasi serta enactment (penerimaan informasi) yang dilakukan oleh para karyawan, selection (metode penyeleksian informasi), dan retention (peyimpanan informasi) berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Organisasi; Pola Komunikasi; Desktiptif Kualitatif; Organisasi Atasan Dan Bawahan; PT. Aplikasi Inovasi Bangsa |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Verbal Communication |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:17 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3157 |
Actions (login required)
View Item |