Monika, Monika (2021) Pengaruh Kepuasan Pelayanan Program Samsat Keliling, Pengetahuan Wajib Pajak dan Sanksi Administrasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak / Monika / 32160031 / Pembimbing: Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (700kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (660kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (726kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (819kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (524kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Adanya pandemi virus corona berdampak pada pelayanan dan penerimaan pajak daerah dalam pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dengan pemberlakuan kebijakan pemerintah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan penerimaan pajak daerah mengalami penurunan dibandingkan sebelum masa pandemi. Upaya petugas pajak dalam memberikan fasilitas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) keliling di Jakarta sesuai protokol kesehatan covid- dinilai cukup efektif mencegah terjadinya penumpukan antrean di gedung SAMSAT. Dalam hal ini, kepatuhan pajak selama pandemi menjadi tingkat ukur keberhasilan dalam menunjang penerimaan pajak daerah. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori atribusi dan teori tindakan beralasan. Teori atribusi memberikan pandangan terhadap kecenderungan sifat ingin tahu manusia dalam berbagai hal yang ada. Sementara teori tindakan beralasan menyatakan anggapan dalam menentukan perilaku kepatuhan dalam diri seseorang mempengaruhi kewajiban perpajakannya. Teori – teori penelitian ini memiliki keterkaitan dalam keputusan perilaku wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional yang keterkaitannya antar variabel dapat bersifat positif atau negatif. Tiga variabel independen yang diperkirakan mempengaruhi variabel dependen yaitu kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di wilayah Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google formulir kepada responden yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif yang dibuktikan melalui uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini telah lolos uji asumsi klasik dan uji pooling data. Hal ini dinyatakan berdasarkan uji F yang memperlihatkan nilai F 19 > nilai F (89,783 > 2,69) dan nilai signifikansi < α = 5% (0,000 < 0,05). Sementara hasil uji t diperoleh : (1) Variabel kepuasan pelayanan (X1) nilai t tabel hitung > t (2,548 > 1,98) dengan nilai signifikansi sebesar 0,012. (2) Variabel pengetahuan wajib pajak (X2) nilai t tabel sebesar (2,025 > 1,98) dan nilai signifikansi sebesar 0,045. (3) Variabel sanksi administrasi pajak (X3) nilai t sebesar (4,641 > 1,98) dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat dikatakan bahwa variabel kepuasan pelayanan (X1), pengetahuan wajib pajak (X2), dan sanksi administrasi pajak (X3) secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepatuhan wajib pajak (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat cukup bukti bahwa kepuasan pelayanan, pengetahuan wajib pajak dan sanksi administrasi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata kunci : Kepuasan Pelayanan Program Samsat Keliling, Pengetahuan Wajib Pajak, Sanksi Administrasi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pajak dan Perpajakan; Kepuasan Pelayanan; Program Samsat Keliling; Pengetahuan Wajib Pajak; Sanksi Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak; Covid 19; PSBB; teori atribusi; teori tindakan beralasan |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 05:08 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 05:08 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3576 |
Actions (login required)
View Item |