Adeline, Maria (2022) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Adelunars di Bekasi / Maria Adeline / 73180458 / Pembimbing: Wiwin Prastio. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (776kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (792kB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (682kB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (533kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (438kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (353kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (415kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Adelunars adalah bisnis yang bergerak dibidang fashion yang menjual pakaian dan aksesoris dengan konsep eksentrik atau pakaian dengan model dan warna yang terang dan menarik perhatian. Adelunars berlokasi di Jalan Rukan Sentra Niaga blok RSN 1 Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Selain memiliki toko fisik, Adelunars juga melakukan kegiatan operasionalnya melalui media sosial dan e-commerce. Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia nomor 2 tahun 2008, Adelunars masuk kedalam kriteria usaha kecil. Pertumbuhan dalam industri tekstil dan pakaian jadi merupakan peluang baik karena industry ini mengalami kenaikan pada kuartal 1 tahun 2022 sebesar 3,33% per kuartalnya, dan untuk pertumbuhan per tahunnya sebesar 12,45% berdasarkan data yang didapat dalam Pusat Data Industri. Selain itu, Adelunars industri ini juga masuk kedalam 5 sektor prioritas yang ditetapkan pemerintah dalam perwujudan Making Indonesia 4.0. Target pasar yang dituju Adelunars yaitu seluruh masyarakat Indonesia berusia 15 tahun keatas dengan kelas sosial menengah hingga menengah keatas. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, Adelunars melakukan berbagai macam promosi baik melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan E-Commerce maupun secara langsung seperti mengikuti kegiatan bazaar. Adelunars memproduksi pakaian dengan gaya dan warna eksentrik dan aksesoris berbahan dasar manik manik yang dijual dengan kisaran harga Rp 30.000,00 sampai dengan Rp 100.000,00 untuk aksesoris, dan Rp 100.000,00 sampai dengan Rp 250.000,00 untuk pakaian. Agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik, Adelunars membutuhkan 3 orang karyawan dengan jabatan yang berbeda yang terdiri dari manajer, administrasi dan keuangan, serta staff produksi. Sebagai modal awal, Adelunars membutuhkan dana sebesar Rp 460.596.905,00 untuk pendanaan awal yang akan dialokasikan ke kas awal, sewa tempat selama satu tahun, kompensasi gaji karyawan selama satu tahun, peralatan, perlengkapan, bahan baku usaha, marketing awal, biaya listrik, biaya air, biaya internet untuk penggunaan selama satu tahun. Dari hasil analisis kelayakan yang telah dilakukan, Adelunars dapat dikatakan layak untuk dijalankan karena Adelunars akan mencapai titik balik modal pada 2 tahun 3 bulan 6 hari. Selain itu Adelunars juga dikatakan layak melalui analisis Net present Value (NPV) dengan nilai Rp325.213.003,- dan analisis Profitability Index (PI) dengan skor 1,706>1. Sementara dalam analisis Break Even Point (BEP), Adelunars memiliki nilai Break Even Point (BEP) yang selalu lebih kecil dari angka penjualan periode terkait.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adelunars; Industri Pakaian Jadi dan Aksesoris; Pakaian Eksentrik; industri tekstil; pakaian jadi; media sosial; e-commerce; Usaha Kecil |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:55 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:55 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4680 |
Actions (login required)
View Item |