Djong, Sevian (2022) Personifikasi Negara Ukraina dalam Pemberitaan Mengenai Ukraina Vs Rusia di CNBC Indonesia / Sevian Djong / 67180379 / Pembimbing: Altobeli Lobodally. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (808kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (652kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (707kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (425kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Ukraina muncul sebagai dalang dari konflik memanasnya invasi Rusia ke Ukraina, dikarenakan Ukraina berpihak kepada NATO dan tidak mengikuti regulasi atau kesepakatan dari Rusia. CNBC Indonesia memberitakan konflik Ukraina vs Rusia dengan memberikan personifikasi yang berbeda terhadap negara Ukraina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui personifikasi negara Ukraina dalam pemberitaan mengenai Ukraina vs Rusia di CNBC Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial, dengan metode analisis Semiotika Sosial M.A.K. Halliday yang memiliki tiga unsur yaitu medan wacana, pelibat wacana, dan sarana wacana. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa temuan bahwa personifikasi negara Ukraina dalam pemberitaan Ukraina vs Rusia di CNBC Indonesia digambarkan sebagai negara yang terkena dampak perang akibat invasi dari Rusia. Medan wacana pada analisis tersebut menunjukkan keberpihakan terhadap negara Ukraina dalam teks berita yang dibangun. Pada pelibat wacana, ditemukan juga pelibat yang memberikan posisi sebagai korban perang dan pembela Ukraina, ditemukan bahwa banyak pelibat yang menjadi pendukng Ukraina untuk memperkuat personifikasi negara Ukraina. Pada sarana wacana, ditemukan beberapa pemilihan kata dan kalimat dengan menggunakan majas-majas yang dikonstruksi oleh pewarta. Majas tersebut yang memiliki fungsi untuk membuat gaya bahasa tertentu menjadi sebuah perspektif dalam keberpihakan terhadap negara Ukraina
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personifikasi Ukraina; Konstruksi Realitas Sosial; Berita; Semiotika Sosial; Konflik Rusia-Ukraina; invasi Rusia ke Ukraina; Siaran Berita; CNBC Indonesia; metode Semiotika Sosial M.A.K. Halliday |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Journalism H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 03:17 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4748 |
Actions (login required)
View Item |