Wijaya, Marvin Luckiyanto (2023) Aplikasi Backend untuk Meningkatkan Customer Experience dan Mendapatkan Data Customer Menggunakan Metode Scrum pada Studi Kasus Livera / Marvin Luckiyanto Wijaya / 52190192 / Pembimbing: Sigit Birowo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (617kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (453kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (631kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (383kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (386kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Dalam era industri 4.0, persaingan bisnis semakin ketat dan Livera harus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Livera adalah perusahaan yang menjual produk minuman kesehatan. Metode Scrum, dengan prinsip pendekatan agile, dipilih untuk pengembangan aplikasi berbasis website yang mencakup fitur pengingat notifikasi dan pelanggan dapat melihat kembali produk yang telah dibeli untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memudahkan admin dalam melihat data customer details secara otomatis. Salah satu jenis teknologi yang berkembang adalah Application Programming Interface (API). API memungkinkan interaksi antara aplikasi dan platform lain untuk berbagi data dan fungsionalitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan pada aplikasi website tersebut. Dalam aplikasi tersebut, API dapat digunakan untuk mengambil data pelanggan secara otomatis dan mengintegrasikannya ke dalam fitur-fitur notifikasi dan pelanggan dapat melihat kembali produk yang telah dibeli, sehingga perusahaan dapat memberikan penawaran terbaik dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, pengembangan aplikasi ini juga akan menggunakan framework node.js dan express.js. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif serta metode scrum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non-participant observation, wawancara tidak terstruktur, serta studi pustaka dari buku, jurnal yang dapat menjadi referensi mengenai website, perancangan sistem, metode scrum, dan customer experience. Perancangan sistem akan mencakup arsitektur sistem, Flowchart, Class Diagram, Use Case, Activity Diagram. Hasil akan berupa aplikasi web hosting untuk livera experience dan admin dashboard. Peneliti ingin mengungkapkan bahwa dengan perancangan website Livera Experience dan Livera Admin Dashboard pada Livera dapat membantu memuaskan kepuasan pelanggan serta membantu admin. Bagi pelanggan, pelanggan dapat melihat produk yang telah dibeli dan menerima pengingat jadwal konsumsi produk yang terhubung dengan Google Calendar. Bagi admin, admin dipermudah dengan website yang otomatis, dan dapat melihat data customer details.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Scrum; Customer Experience; Application Programming Interface; Livera Experience; Livera Admin Dashboard |
Subjects: | W Computer Science > Computer - Software W Computer Science > Database Management W Computer Science > Decision Support System (DSS) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 04:24 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 04:24 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5118 |
Actions (login required)
View Item |