Syaefulloh, Ikhwan (2024) Perilaku Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial dalam Pondok Santrendelik Sebagai Proses Dakwah pada Generasi Muda Kota Semarang / Ikhwan Syaefulloh / 68190534 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (622kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (711kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (427kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (536kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (566kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Santrendelik adalah lembaga dakwah yang berlokasi di Jalan Kalialang Lama, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Mengangkat semangat kekinian, Satrendelik menularkan virus tobat kepada anak muda dari berbagai golongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik gambaran aktvitas dan perilaku komunikasi dakwah melalui media sosial dalam kegiatan penyampaian dakwah dan sosialisasi program di pondok Santrendelik kepada generasi muda. Komunikasi media sosial adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yag kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisis, menginterpretasi, dan menemukan kesimpulan atas komunikasi massa yang dilakukakan di pondok Santrendelik pada aktivitas dakwah dan sosialisasi program, serta desain penelitian yang dipilih adalah Instrumental Case Study. Hasil penelitan menunjukan bahwa gambaran aktivitas komunikasi dakwah melalui media sosial dalam kegiatan penyampaian dakwah dan sosialisasi program Pondok Santrendelik yaitu diantara pemanfaatan media sosial oleh Santrendelik adalah dijadikanya medsos sebagai sarana dakwah sekaligus media informasi bagi para jamaah Santrendelik atau yang biasa disebut dengan Tobaters, serta poster-poster dakwah mampu memiliki pemikat tinggi. Karakteristik model komunikasi massa yang dilakukan oleh pondok Santrendelik dalam menyampiakan pesan dakwah dan sosialisasi program kepada generasi muda di Kota Semarang dengan cara kekinian yaitu media sosial, khususnya instagram, facebook dan youtube, dan selalu mengemas kontek dakwahnya dengan visual yang menarik, out of the box dan selalu disesuaikan dengan konteks kekinian.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Media Sosial; Proses Dakwah; Generasi Muda; Pondok Santrendelik |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:34 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |