Pengaruh Persepsi Harga, Viral Marketing, dan Ketersediaan Produk terhadap Minat Pembelian Pelanggan Mixue / Juan Agung Timotius / 70200055 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak

Timotius, Juan Agung (2024) Pengaruh Persepsi Harga, Viral Marketing, dan Ketersediaan Produk terhadap Minat Pembelian Pelanggan Mixue / Juan Agung Timotius / 70200055 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Fenomena menjamurnya berbagai macam gerai waralaba eskrim dan boba di Indonesia akhir ini menarik perhatian penulis, keadaan iklim cuaca di indonesia yang tropis ditambah budaya nongkrong bersama kolega atau saudara nampaknya membantu pertumbuhan popularitas dari berbagai gerai eskrim dan boba tersebut, salah satunya adalah fenomena viralitas konten sosial media Mixue dan penyebaran gerai waralaba Mixue yang menjamur di seluruh Indonesia. Penulis ingin mengetahui efek dari berbagai macam hal yang mempengaruhi popularitas dan minat beli produk Mixue yang sedang menjamur di Indonesia, sehingga penulis akhirnya berkeputusan untuk melakukan penelitian mengenai persepsi harga, viral marketing, dan ketersediaan produk terhadap minat pembelian produk Mixue. Teori yang menjadi dasar dari penelitian kali ini atau yang biasa disebut sebagai grand theory adalah mengenai perilaku konsumen yang mana teori ini menjelaskan soal perilaku manusia dalam konteks pengambilan keputusan yang bersifat komersil, dimana digunakan teori-teori yang mendukung teori utama tersebut antara lain persepsi harga, viral marketing, ketersediaan produk, dan minat beli. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dimana variabel bebas dari penelitian kali ini adalah persepsi harga, viral marketing, dan ketersediaan produk, dan variabel terikat dari penelitian ini adalah minat pembelian Objek penelitian kali ini adalah Pelanggan Mixue yang mengakses sosial media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik komunikasi dengan alat bantu instrumen berupa angket atau kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Digunakan teknologi G-forms, untuk membagikan kuesioner dan sebagai tempat pengumpulan data primer yang diisi oleh para responden. Dilakukan uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear ganda, dan uji asumsi klasik. Seluruh pengujian statistik dibantu dengan menggunakan teknologi SPSS 27 Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa minat beli terhadap produk Mixue masih dapat dikatakan cukup tinggi, walaupun puncak ketenaran viralitas konten sosial medianya sudah lewat beberapa tahun, didapatkan juga bahwa viral marketing memiliki pengaruh positif yang paling besar terhadap minat beli konsumen Mixue, dan persepsi harga juga memiliki pengaruh positif terhadap minat beli, Namun pada penelitian kali ini tidak terbuktikan secara signifikan menggunakan uji statistik bahwa ketersediaan produk berpengaruh positif terhadap minat beli. Dapat disimpulkan bahwa viral marketing dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pelanggan mixue, dan ketersediaan produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pelanggan mixue.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Persepsi Harga; Viral Marketing; Ketersediaan Produk; Minat Beli; Perilaku Konsumen; Produk Es krim; Mixue
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HI Business > Business Research
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:25
Last Modified: 03 Jul 2025 04:25
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5439

Actions (login required)

View Item View Item